alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

Tak Ada Komplain, FIM dan Dorna Puji Aspal Baru Sirkuit Mandalika

MATARAM-Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut Dorna Sports dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) puas dengan kualitas aspal baru di Sirkuit Pertamina Mandalika.

”Tidak ada komplain sama sekali. Sudah oke,” sebut Chief Operation Officer (COO) MGPA Samsul Purba, Selasa (8/11).

Tim dari Dorna Sports dan race director FIM telah tiba di Lombok. Untuk mempersiapkan balapan World Superbike (WSBK) akhir pekan ini. Seperti melakukan pengaturan timer balap; mengecek logistik balapan; hingga seting televisi compound untuk broadcast siaran WSBK ke banyak negara.

”Alatnya mereka pasang sendiri. Sekarang sedang dipasang, kami hanya mempersiapkan tempatnya saja,” kata Samsul.

Kedatangan Dorna dan FIM sekaligus untuk mengecek kondisi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Mereka berkeliling sirkuit. Hasilnya Dorna dan FIM kompak menyatakan kepuasannya terhadap lintasan sirkuit yang baru dipermak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan MGPA.

Baca Juga :  Pemkab Loteng Tunggu Laporan Tiket MotoGP yang Terjual dari ITDC dan MGPA

”Hanya soal cat yang menghitam karena dilindas ban saat tes track kemarin. Simpel itu, tinggal kami cat ulang saja,” ujarnya.

Seluruh persiapan WSBK sudah final. Logistik telah tiba 100 persen di Sirkuit Pertamina Mandalika. Adapun untuk pembalap WSBK, direncanakan akan hadir seluruhnya di hari ini.

Samsul mengatakan, pembalap yang datang tidak lagi menggunakan sistem bubble. Sehingga sudah ada sejumlah pembalap WSBK yang tiba lebih dulu di Indonesia. Ada yang memilih berlibur di Bali. Ada juga yang langsung menuju Lombok dan menghabiskan waktunya di sejumlah destinasi. Total ada sekitar 750 orang, gabungan dari pembalap dan kru tim WSBK yang datang. ”Tidak ada pakai carter pesawat lagi, karena sudah tidak bubble,” jelas Samsul.

Pada balapan akhir pekan nanti, MGPA menyiapkan skenario victory lap. Sebab ada kemungkinan gelar juara dunia WSBK terkunci saat balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca Juga :  Motor Para Pebalap WSBK Sudah Tiba di Sirkuit Mandalika

Saat ini, pembalap dari Aruba.it Racing-Ducati Alvaro Bautista memimpin klasemen WSBK. Unggul 82 poin dari juara bertahan Toprak Razgatlioglu dan 98 poin dari Jonathan Rea.

Bautista bisa mengunci gelar di Mandalika jika mampu finish di posisi 1 sementara Razgatlioglu menyelesaikan balapan di posisi kedelapan atau di bawahnya. Atau Bautista finish kedua sementara Razgatlioglu finish pada posisi ke-13 atau lebih rendah.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, sirkuit sudah siap digunakan untuk balapan WSBK akhir pekan ini. Tes track juga telah dilakukan untuk menguji kualitas aspal baru. ”Pengecatan juga sudah kami lakukan. Banyak pihak puas dengan kondisi lintasan,” katanya. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/