alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Realisasi Dana Dekon Pemprov NTB Baru Rp 790 Juta

MATARAM-Realisasi dana dekonsentrasi (dekon) yang dikelola OPD lingkup Pemprov NTB masih rendah. Dari pagu Rp 101,42 miliar, baru direalisasikan sekitar Rp790 juta atau hanya 0,78 persen.

”Ini data realisasi sampai akhir Februari kemarin,” kata Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) NTB Sudarmanto.

Sudarmanto berharap, gubernur bisa mendorong OPD yang mengelola dana untuk mempercepat realisasi belanja. Pada satker pengelola DIPA di wilayah masing-masing.

Berdasarkan jenis belanja per kewenangan, realisasi untuk dana dekonsentralisasi serta tugas pembantuan menjadi yang terendah. Masing-masing 0,78 persen dan 1,15 persen.

Untuk tugas pembantuan di lingkup Pemprov NTB, ada empat satker yang realisasinya masih nol persen. Yakni, dua satker di Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) dengan pagu anggaran Rp 37,8 miliar dan Rp 1,5 miliar. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (PUPR) Rp 23,4 miliar serta Disnakertrans Rp 788 juta.

Baca Juga :  Kampung di Tengah Sirkuit Mandalika, Gubernur: Kita Kawal Penyelesaiannya

Kata Sudarmanto, lingkup provinsi ada delapan satker dalam tugas pembantuan. Empat satker lain sudah ada yang merealisasikan anggaran. Meski persentasenya masih kecil.

”Yang tertinggi ada satker di Dinas PU, itu sudah 13 persen. Tapi tiga satker lainnya itu masih sekitar dua persen,” jelas Sudarmanto.

Adapun untuk dana dekonsentralisasi dari 38 satker, hanya empat satker yang baru merealisasikan. Antara lain, satker Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dari pagu Rp 2,2 miliar baru terelisasi Rp 247 juta.

Kemudian, tiga satker di Distanbun. Masing-masing pagu anggarannya Rp 1,7 miliar, realisasi Rp 93 juta; Rp 7,1 miliar realisasi Rp 423 juta; dan Rp 706 juta dengan realisasi Rp 23 juta. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/