alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

Ditarget Tuntas Pertengahan 2021, Ini Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

MATARAM-Status Sirkuit Mandalika masih sebagai cadangan dalam provisional calender atau kalender sementara balapan MotoGP 2021 yang dirilis Dorna Sports. Meski begitu, bukan berarti pembangunan sirkuit dilakukan dengan santai.

Chief Strategic dan Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto mengatakan, status yang dirilis Dorna Sports untuk tuan rumah MotoGP bukan menjadi fokus mereka. ”Yang jadi konsentrasi kita saat ini, terkait pembangunan trek sirkuit,” kata Happy, Minggu (10/1).

MGPA, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan PT PP memilih untuk fokus mempersiapkan Sirkuit Mandalika. Konsentrasi penuh menyelesaikan pembangunan sesuai dengan tenggat yang ditentukan di pertengahan tahun ini.

”Tentu kita berharap bisa cepat selesai. Agar proses selanjutnya, seperti homologasi, bisa dilakukan juga,” ujarnya.

Sejauh ini, progres pembangunan menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Ground work atau pekerjaan tanah mencapai 94,3 persen. Terdiri dari land clearing untuk tanah seluas 497.239 meter persegi, pada Desember lalu.

Kemudian ada pemasangan pagar beton precast keliling, dengan panjang mencapai 5.502 meter atau setara dengan progres 97,03 persen. Galian tanah trek mencapai 243.023 meter kubik atau 97,03 persen. Sementara timbunan tanah mencapai 311.413 meter kubik atau 89,32 persen.

Selanjutnya ada ground improvement yang sudah tuntas. Progresnya telah mencapai 100 persen, dengan luas 16.540 meter persegi. Pembangunan dilakukan tanpa henti. Selama 24 jam. Guna menghasilkan sirkuit jalanan terindah dan tetap sesuai standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

Happy mengatakan, untuk jalan kawasan khusus (JKK) yang nantinya dijadikan sebagai lokasi trek sirkuit, sudah masuk fase lapis perkerasan. Adapun untuk pengerjaan JKK ini, hingga Desember progresnya telah mencapai 33,78 persen dari total panjang sirkuit sekitar 4,31 kilometer.

”Progresnya tentu terus bertambah setiap hari, karena kerjanya siang malam,” tutur Happy.

Konsentrasi penuh untuk menyelesaikan pembangunan sirkuit, berkaitan dengan proses homologasi nanti. Yang bakal dilakukan FIM. Homologasi ini yang akan menentukan apakah Sirkuit Mandalika bakal menggelar MotoGP pada tahun ini atau tidak.

Selain penentuan bagi balapan MotoGP, homologasi nanti juga berpengaruh terhadap balapan World Superbike (WSBK). Setelah FIM dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) memasukkan Sirkuit Mandalika dalam provisional calender untuk balapan di tahun ini.

Sirkuit Mandalika masuk bersama 11 sirkuit lainnya dalam jadwal tersebut. Rencananya, balapan WSBK bakal digelar pada 12 November hingga 14 November. (dit/r5)

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks