alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

Asisten II Positif, Gubernur, Wagub, dan Sekda NTB Jalani Swab, Ini Hasilnya

MATARAM-Asisten II Setda NTB H Ridwan Syah saat ini menjalani isolasi mandiri karena positif terpapar covid-19. Dinas Kesehatan (Dikes) NTB langsung melakukan tracing kontak. Gubernur, wagub, sekda, dan sejumlah kepala OPD langsung menjalani swab test.

Saat dikonfirmasi via WhatsApp, Ridwan menyebut ia positif covid sebagai orang tanpa gejala (OTG). Sehingga ia diperkenankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. “Tentu dilakukan dengan pengawasan dari dokter maupun perawat,” katanya, Senin (11/1).

Dalam rilis yang dikeluarkan Pemprov NTB, Ridwan dinyatakan positif covid pada Jumat lalu (8/1). Setelah itu, Dinas Kesehatan (Dikes) NTB menindaklanjuti dengan melakukan tracing kontak. Juga melakukan sterilisasi sejumlah ruangan di kantor gubernur NTB

Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi mengatakan, tidak ada pelayanan yang terhenti setelah asisten II dinyatakan positif covid. ”Kita sudah bagi-bagi tugas. Seperti (Jumat) kemarin, Asisten mestinya ke Denpasar untuk rapat, tapi saya ambil alih. Pelayanan tetap jalan semua,” kata Gita.

Proses penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan. Gita menyebut sejumlah ruangan, yang pernah didatangi Ridwan, dilakukan sterilisasi. Seperti ruang gubernur, wakil gubernur, serta ruangan sekda NTB.

Pejabat yang memiliki riwayat kontak intensif dengan asisten II juga telah ditelusuri. Kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan swab, pada Sabtu (9/1) di RSUD NTB. Tepat satu hari setelah Ridwan dinyatakan positif. ”Alhamdulillah hasil swab yang pernah kontak itu negatif,” ungkapnya.

Mengenai kesehatan asisten II setelah dinyatakan positif, sekda menyebut dalam kondisi baik. Meski begitu, OPD terkait tetap melakukan evaluasi kondisi perkembangan kesehatannya, setiap hari. Termasuk akan melakukan swab kedua, untuk mengetahui apakah masih negatif atau positif covid.

”Pak Ridwan sudah happy-happy. Guyon. Beliau terus menjaga imunitas. Kita akan terus pantau kondisinya selama isolasi,” kata sekda.

Jumlah pejabat yang menjalani tes swab pada Sabtu (9/1) sebanyak 20 orang. Termasuk Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, sekda NTB, dan sejumlah kepala OPD.

Asisten I Setda NTB Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih mengatakan, setelah libur tahun baru, di 4 Januari, telah terjadi sejumlah rapat intensif di Pemprov NTB. Yang turut dihadiri juga asisten II NTB.

”Jadi dari sana kita inventarisir, ada sekitar 20 orang. Dilanjutkan dengan swab, yang hasilnya alhamdulillah negatif,” kata Eva.

Proses tracing dan swab, lanjut Eva, masih terus dilakukan hingga kemarin. ”Hari ini (kemarin) ada juga yang di swab, cuma belum tahu jumlahnya berapa, masih dirangkum,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dikes NTB dr Hj Nurhandini Eka Dewi mengatakan, setiap Jumat dilakukan sterilisasi untuk seluruh ruangan di kantor gubernur NTB. ”Prosedurnya seperti itu,” kata Eka.

Mengenai asisten II yang positif covid, Eka enggan untuk mengomentarinya lebih jauh. Namun, ia memastikan, setiap orang yang positif akan menjalani dua model perawatan. Di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Pelaksanaan isolasi mandiri tidak bisa dilakukan sembarangan. Kata Eka, dia melihat banyak masyarakat yang salah kaprah terkait isolasi mandiri. ”Ada yang merasa melakukan isolasi mandiri. Tapi tidak ada yang mengawasi. Kalau seperti itu, siapa yang yakin dia sudah sehat?” sebutnya.

Ada prosedur yang dilakukan jika ingin melakukan isolasi mandiri. Eka menjelaskan, setelah masyarakat melakukan swab mandiri di laboratorium, hasilnya akan ditindaklanjuti ke rumah sakit.

Dari sana, dokter akan mengontak pasien untuk kemudian dilakukan pemeriksaan klinis. Untuk menentukan apakah yang bersangkutan bisa isolasi mandiri di rumah atau harus menjalani perawatan di rumah sakit.

”Kalau isolasi di rumah, nanti ada dokter yang tetap memantau. Kenapa begitu? Pasien ini kan perlu obat tertentu, vitamin juga. Termasuk mengevaluasi kondisi kesehatannya,” tandas Eka. (dit/r5)

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks