alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Wagub Lantik 192 Eselon III dan IV

MATARAM-Untuk mencapai target RPJMD, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah melantik 192 pejabat, kemarin (11/3). Sebanyak 83 pejabat diantaranya eselon III (jabatan administrator) dan 109 pejabat eselon IV (jabatan pengawas).

Dalam sambutannya, Rohmi mengingatkan, pelantikan jangan hanya dilihat sebagai bagian dari kabar baik. Akan tetapi dengan pemberian amanah ini merupakan batu ujian dalam menapaki karir sebagai ASN.

“Karena insya Allah ke depan, kita akan meyakinkan berjalannya sistem sehingga mudah untuk mengeveluasi bapak ibu semua di setiap jenjang eselon,” tegasnya.

Rohmi menginginkan, ASN bersinergi dengan langkah cepat yang sama. Sebab dalam penjabaran RPJMD, masing-masing kepala OPD telah menjabarkan apa yang menjadi tugas dan fungsinya. “Kita tidak mau kecepatan daripada kepala OPD tidak diimbangi oleh pejabat yang ada di bawahnya, jadi kebijakan dari atas, harus cepat diimplementasikan,” ujar Rohmi.

Baca Juga :  Siap-Siap Piknik Lagi, New Normal Pariwisata NTB Dimulai dari Tiga Gili

Langkah cepat ini dilakukan agar apa yang dikerjakan oleh semua OPD bisa tersusun dengan detail, terukur dan jelas. Ia juga menginginkan jangan sampai ada pejabat yang memiliki banyak tugas dan tidak. Sehingga pembagian tugas pada pejabat eselon II, III dan IV, semuanya harus jelas.

“Kalau OPD mau betul-betul berhasil menjalankan tugasnya, mulai dari kepala bidang sampai dengan kepala seksi, semua harus memiliki kekuatan yang sama,” kata Rohmi.

Kepala BKD NTB H Fathurrahman mengatakan, pelantikan pejabat eselon III dan IV merupakan tahap pertama untuk periode Maret. Dengan evaluasi kinerja untuk pejabat dengan menggunakan sistem BSC, ke depannya tetap ada pergeseran jabatan. Karena masih ada jabatan yang lowong.

Baca Juga :  NTB Catat Rekor Terburuk Lagi, Sehari Bertambah 179 Positif Korona,

Hal ini disebabkan di masing-masing OPD ada pengembangan, penggabungan dan penghapusan UPT. Sehingga untuk eselon III ada 10 jabatan, sedangkan di eselon IV ada 50 lebih jabatan yang masih lowong. Dirinya berharap pada April sampai Mei, jabatan tersebut sudah terisi.

Sementara mutasi di pejabat eselon II, Faturrahman mengatakan sampai saat ini belum ada pergerakkan. Sebab semua tergantung arahan Gubernur NTB H Zulkieflimansyah. “Belum ada arahan dari pimpinan, karena semuanya tergantung kebijakan pimpinan nantinya,” tandasnya. (yun/r7)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/