alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

ITDC Siapkan LO untuk Penonton WSBK Mandalika

MATARAM-Salah satu yang menjadi perhatian Komisi V DPR RI saat berkunjung ke Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah fasilitas umum untuk ibadah.

Menanggapi hal tersebut, Managing Director ITDC Mandalika Bram Subiandoro menegaskan, jika fasilitas tempat ibadah sudah disiapkan pihak ITD di Masjid Nurul Bilad. Kapasitas masjid ini bisa menampung 4.000 orang.

“Nanti akan ada LO yang memobilisasi penonton yang akan melaksanakan ibadah salat secara bergantian,” terang Bram.

Ditegaskan, masjid dengan arsitektur khas suku Sasak Lombok ini selalu beroperasi semenjak kawasan Mandalika dibuka ITDC. Jadi memudahkan wisatawan muslim untuk melaksanakan ibadah.

Wakil Ketua komisi V DPR Muhammad Arwani Thofami sebelumnya memang mengingatkan soal fasiltias umum dan tempat ibadah ini. Dia mengacu pada penyelenggaraan balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Di mana para penonton sangat membutuhkan fasilitas umum dan tempat ibadah yang dekat dengan tribun penonton.

Takmir Masjid Nurul Bilad Junaidi menjelaskan, masjid dibuka selama 24 jam ketika acara-acara besar dilaksanakan. Masjid ini memang disiapkan bagi wisatawan muslim yang datang ke Mandalika. Masjid ini dilengkapi dengan toliet dan kamar mandi yang representatif bagi wisatawan. Sehingga segala aktivitas ibadah bisa dipusatkan di masjid ini.

“Di masjid ini kami juga rutin melaksanakan ibadah Salat Jumat. Kami sudah siapkan sarung, mukena dan perlengkapan ibadah lain di masjid ini. Masjid inilah yang merepresentasikan wisata halal di Mandalika ini,” terang Junaidi.

Keberadaan masjid ini diharapkan mendukung pariwisata di NTB tetap maju namun ibadah tidak terganggu. “Sebelum hotel dan infrastruktur lain di bangun, masjid ini sudah lebih dulu dibangun. Makanya wisatawan dari negara Timur Tengah, Jerman, Italia dan banyak yang ibadah di sini salatnya,” tutur Junaidi.

Masjid Nurul Bilad sendiri diresmikan Presiden Jokowi Jumat 20 Oktober 2017. Nama masjid ini memilik makna Cahaya Negeri. Sehingga keberadaan masjid ini diharapkan bisa menerangi seluruh negeri. (ton/r6)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks