alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Siap-siap, Penjualan Tiket WSBK Mandalika Dimulai Pekan Depan

LOMBOK TENGAH–Kepastian penjualan tiket World Superbike (WSBK) Mandalika terjawab. Penjualan tiket secara resmi akan mulai dimulai pekan depan. Berapa harganya, bikin dag dig dug. Sebab belum diumumkan. Sudah dipastikan, total 25 ribu tiket yang akan dijual ke publik.

“Tiket akan resmi dijual mulai pekan depan. Harganya juga akan dilaunching bersamaan,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB H Yusron Hadi, di Mataram, kemarin (12/10).

Keputusan terkait penjualan tiket tersebut ditetapkan dalam rapat yang digelar Kementerian Pariwisata, MGPA, ITDC, dan para pelaku pariwisata kemarin. Sistem penjualan tiket akan dilakukan secara daring dan luring. Untuk sementara 70 persen tiket akan diperuntukkan bagi penonton wisatawan domestik. Sisanya diperuntukkan bagi penonton wisatawan asing.

Yusron pun mengingatkan pelaku wisata di NTB menyiapkan diri. Ia meyakini semua wisatawan datang menonton WSBK dan MotoGP pasti akan datang ke destinasi wisata yang lain. Tidak hanya di kawasan Mandalika.

“Maka pengelola destinasi dan penginapan harus  bisa menyiapkan diri,” terang Yusron.

Wisatawan menurutnya pasti akan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata lainnya seperti Pantai Tanjung An, Pantai Mawun hingga Selong Belanak. Termasuk sejumlah destinasi desa wisata yang ada di Lombok Tengah maupun daerah lainnya.

“Maka kami minta pengelola destinasi wisata bekerja sama dengan biro perjalan menyiapkan paket perjalanan Mandalika. Karena kan ancer-ancer dari panitia akan ada 25 ribu orang yang datang,” jelas Yusron.

Di sisi lain, wisatawan memang menunggu-nunggu penjualan tiket tersebut. “Ada beberapa tamu yang menanyakan bagaimana cara pemesanan tiket WSBK nanti. Tapi kami belum dapat informasi yang jelas makanya kami belum bisa penuhi permintaan mereka,” ungkap Mukarrom, owner Biro Perjalanan Fly Lombok.

Dia mengatakan, animo masyarakat sudah mulai tinggi dengan perhelatan WSBK dan MotoGP Mandalika. Beberapa wisatawan domestik maupun mancanegara sudah mulai menanyakan cara pemesanan tiket WSBK. Termasuk paket perjalanan yang ditawarkan para pelaku biro perjalanan.

Menurutnya sejumlah wisatawan sudah tak sabar menunggu perhelatan WSBK Mandalika. Sehingga para pengelola biro perjalanan berharap mendapat kepastian informasi mengenai pelaksanaan event ini. Agar mereka bisa menjual paket perjalanan wisata kepada calon wisatawan yang akan datang.

Pihak MGPA selaku penyelenggara WSBK dan MotoGP kepada Lombok Post sebelumnya mengatakan jika penjualan tiket nanti akan dikerjasamakan dengan Bank NTB. Namun bagaimana teknis dan sistemnya akan dibahas lebih lanjut jelang perhelatan WSBK 19-21 November mendatang.

Pihak Bank NTB untuk sementara mengaku hanya sebagai pengumpul dana pembayaran tiket. Sementara untuk penjualan tiket, mereka masih akan membahasnya lebih lanjut dengan MGPA.

Terpisah, warga di sejumlah destinasi wisata dekat Mandalika seperti di Pantai Selong Belanak sudah mulai menangkap peluang yang ada. Misalnya para peternak kerbau yang seringkali melintasi area pantai Selong Belanak. Melintasi pantai yang tidak berombak dan landai, para peternak kerbau seringkali menjadi buruan objek foto wisatawan. Banyak wisatawan hingga fotografer yang membayar peternak kerbau hanya untuk difoto di pesisir pantai Selong Belanak.

“Kadang dikasih Rp 100 ribu untuk mondar-mandir difoto,” ungkap Awan, salah satu penggembala kerbau.

Tidak hanya warga lokal, wisatawan mancanegara hingga pasangan yang melangsungkan foto prewedding pun banyak memintanya untuk objek foto. Mereka dengan senang hati merogoh kantong hanya untuk sekedar berfoto dengan kerbau milik Awan. Tak jarang wisatawan harus mengantre untuk mendapatkan jasanya menggiring kerbaunya jadi objek foto.

“Apalagi hari libur, jauh hari sudah ada yang pesan,” akunya. (ton/r6)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks