alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Kemenaker Siapkan Anjungan SIAPKerja di Mandalika

PRAYA-Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan 5 (lima) Destinasi Wisata Super Prioritas dari 10 (sepuluh) Destinasi Wisata Prioritas, salah satunya DSP Mandalika.

Kehadirannya diharapkan bermanfaat dalam sektor ketenagakerjaan, khususnya bagi masyarakat NTB. Presiden pun menugaskan Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemenaker) untuk memastikan dampak tersebut berjalan dengan baik.

Menindaklanjuti penugasan tersebut,  Kemenaker  telah menyiapkan desain untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan industri termasuk pelaku usaha di sektor pariwisata. Yaitu, dengan membentuk pusat pelayanan Ketenagakerjaan di Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Industri, yang disebut juga sebagai Anjungan SIAPKerja (Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan).

“Anjungan SIAPKerja konsepnya semacam PTSA (Pelayanan Terpadu Satu Atap), One Stop Labor Office, yang menyediakan pelayanan ketenagakerjaan secara digital. Mulai dari pelayanan pelatihan untuk mempersiapkan SDM yang terampil dan berkompeten,” ucap Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Caswiyono Rusydie di kantor ITDC, Lombok Tengah, Senin (18/1/2022).

Diharapkan, kedepannya Anjungan SIAPKerja ini dapat memberikan pelayanan jaminan sosial yang akan terintegrasi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Nonton WSBK Mandalika, Dilarang Bawa Payung dan Makanan

“SIAPKerja saat ini masih web-based, semoga dalam waktu dekat aplikasi Android dan IOSnya sudah bisa muncul. Jadi, kalau pencari kerja register di SIAP KERJA memasukkan profilnya, lulusan apa, punya sertifikat apa, mencari kerja untuk jabatan apa, maka tenant di ITDC ini yang membutuhkan pekerja dengan spesifikasi tersebut di-match-kan melalui aplikasi SIAP KERJA itu,” jelasnya.

Ia menambahkan, anjungan itu disiapkan untuk help desk. Ada personel-personel yang memang bertugas menghubungkan pelayanannya. Misalnya skill-hub yang berhubungan dengan BLK akan mengadakan skilling, reskilling, upskilling.

Jika lulusan SMK tidak mempunyai skill mau melamar di kawasan hospitality bisa register di aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi tersebut terdapat register untuk pelatihan hospitality, F&B dan beberapa pelatihan lainnya yang ada di BLK contohnya BLK Lombok Timur.

“SIAPkerja atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan adalah branding baru dari Kementerian Ketenagakerjaan dengan melakukan penyempurnaan di berbagai segi dari Sisnaker, sistem informasi ketenagakerjaan yang terdahulu,” kata Caswiyono.

Baca Juga :  Agama Bisa Jadi Solusi Menyelesaikan Persoalan Kekinian Manusia

Selain SIAPkerja, Aplikasi Pelayanan Tenaga Kerja Asing mempermudah TKA untuk mengurus dokumen tanpa perlu datang ke kantor pusat. Aplikasi tersebut akan terhubung ke sistem ketenagakerjaan asing dan pihak negara asal TKA dan imigrasi setempat.

Kemenaker pun mengajak berbagai pihak dan stakeholder mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, lembaga-lembaga pelatihan, UPTD, UPTP, dunia usaha/dunia industri termasuk pengelola kawasan untuk bekerja sama.

Sebab, pada bulan Februari mendatang, Kementerian akan melakukan Kick off atau Launching Pelatihan secara nasional di UPT BLK Lombok Timur yang akan dihadiri oleh Presiden RI dan rencananya akan dirangkai dengan Peresmian Anjungan SIAPKerja di KEK Mandalika.

“Mandalika sedang sangat seksi di mata dunia. Banyak investasi yang akan hadir. Kunjungan juga akan semakin meningkat, Hotel-hotel harus disiapkan dengan baik. Sehingga kami bertanggung jawab dalam mempersiapkan SDM,” tandasnya. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/