alexametrics
Rabu, 21 April 2021
Rabu, 21 April 2021

Wagub NTB Sudah Negatif Korona, tapi Tetap Harus Isolasi Mandiri Dulu

MATARAM-Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah harus menjalani isolasi mandiri. Hal ini perlu dilakukan setelah mantan Ketua DPRD Lombok Timur itu sudah dinyatakan negatif covid.

”Sudah negatif dari hasil pemeriksaan PCR,” kata Asisten I Setda NTB Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih, Kamis (18/3).

Selain Rohmi, ada tiga orang lainnya yang sudah dinyatakan negatif usai terkonfirmasi positif covid pada pekan lalu. Salah satu yang negatif adalah suami wagub, HM Khairul Rizal. ”Hasil PCR-nya semalam (Rabu malam). Sudah negatif covid, berdasarkan itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB dr H Lalu Hamzi Fikri.

Meski sudah negatif, wagub dan tiga orang lain yang telah positif disarankan untuk tidak langsung beraktivitas. Apalagi sampai berkegiatan di luar rumah dan bertemu masyarakat banyak.

Dokter menyarankan agar wagub maupun suaminya untuk melanjutkan isolasi mandiri selama 10 hari. Artinya, Rohmi baru bisa melanjutkan kerja-kerja di luar rumah sebagai wagub sekitar 29 Maret nanti.

”Disarankan dokter untuk isolasi mandiri 10 hari, sampai Hari Minggu, pekan depan,” jelas Fikri.

Setelah karantina lanjutan tersebut, tidak dilakukan tes swab PCR kedua. Apalagi jika Rohmi maupun Rizal tidak menunjukkan indikasi terkena covid lagi. ”Tidak perlu cek PCR lagi kalau sudah 10 hari,” katanya.

Sebelumnya, wagub terpapar covid dari salah satu asisten rumah tangganya (ART) yang baru kembali bekerja usai pulang kampung,sekitar awal pekan lalu. Saat itu, setelah sudah bekerja normal di pendopo, salah satu ART mengeluhkan anosmia atau hilangnya indera penciuman.

Karena anosmia merupakan salah satu gejala covid, keluhan ini dilaporkan langsung ke dinas kesehatan. Kemudian ditindaklanjuti dengan swab PCR terhadap salah satu ART dengan hasil positif covid.

Selanjutnya di tanggal 11 Maret, wagub bersama suaminya melakukan tes swab PCR. Hasilnya positif pada 13 Maret. Sehingga keduanya langsung melakukan isolasi mandiri di pendopo untuk menghindari penularan lebih lanjut.

Meski dinyatakan positif covid, hasil CT Valuenya cukup tinggi. Rata-rata di atas 30. CT Value yang tinggi membuat potensi untuk menularkan virus menjadi rendah. Ini juga mempengaruhi kondisi pasien positif menjadi tanpa gejala. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks