alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Kemenparekraf Gelar Lomba Desa Wisata se Indonesia, Ini Kategorinya

MATARAM-Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan lomba dan anugerah desa wisata di seluruh tanah air. Event berhadiah miliaran rupiah ini untuk memotivasi masyarakat di pedesaan yang memiliki potensi wisata, tetapi masih kurang terekspos secara nasional bahkan mancanegara. Ini juga diharapkan mampu menjadi penyangga pariwisata di tanah air, di samping lokasi yang sudah dikenal publik selama ini.

Di wilayah NTB, anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin dipercaya untuk memonitor anugerah desa wisata terbesar di Indonesia​ yang mengusung tema “Indonesia Bangkit” tersebut. Itu sebagai tindak lanjut kunjungan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Youtober Atta Halilintar beserta istri Aurel Hermansyah ke Bima, beberapa hari lalu. “Semoga pada saatnya nanti ada yang keluar sebagai pemenang dari NTB. Karena saya mengajak agar kita segera menyongsong kegiatan tersebut,” kata anggota DPR RI Fraksi PAN dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa yang akrab disapa HMS ini.

HMS menyampaikan, anugerah ini meliputi tujuh kategori lomba. Antara lain kontes homestay, kontes toilet, kontes CHSE, kontes desa digital, kontes souvenir (kuliner, fesyen, kriya), kontes daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), dan kontes konten kreatif.

HMS optimis lomba ini akan mendapat respons positif bagi pemerintah desa. Sehingga diharapkan dapat berpartisipasi untuk menambah geliatnya pariwisata di tanah air. “Anugerah ini diharapkan dapat memiliki daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, menambah desa yang termasuk dalam kualifikasi desa wisata,” katanya.

Untuk mengetahui secara rinci mengenai lomba ini, calon peserta dapat melihat di link www.jedesta.com/adwi2021.  “Atau dapat berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata di kabupaten/kota dan provinsi,” kata HMS. (*/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks