alexametrics
Kamis, 24 September 2020
Kamis, 24 September 2020

Rinjani Masuk Daftar Destinasi Wisata Pegunungan Elite Dunia

MATARAM-Gunung Rinjani masuk dalam jajaran elite wisata pegunungan dunia. Dalam waktu dekat akan bergabung dalam aliansi wisata pegunungan dunia.

Manajer Konservasi, Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim Unesco Global Geopark (UGG) Rinjani Lombok Meliawati mengatakan, meski dilanda gempa 2018 dan pandemi Covid-19 pesona Rinjani tidak pudar.”Gunung Rinjani masih menjadi primadona atau gunung yang paling difavoritkan di dunia,” katanya.

Bahkan, Rinjani saat ini diminta bergabung ke dalam The International Mountain Tourism Alliance (IMTA). ”Di komunitas ini hanya ada gunung-gunung yang dianggap keren di dunia itu yang diminta bergabung,” ujar Meliawati.

Anggota-anggota IMTA antara lain Pengunungan Alpen, Pengunungan Changbai, Gunung Elbrus, Gunung Fuji, Pegunungan Himalaya. Kemudian Table Mountain, Mount Huang, Itatiaia Hill, Mount Kilimanjaro, Rocky Mountains, Mount Tai, and Mount Fanjing.

Di komunitas internasional tersebut, mereka akan bertukar informasi tentang wisata pendakian.”Ini kesempatan yang sangat baik untuk mempromosikan wisata pendakian dan 13 wisata non pendakian di kawasan Rinjani,” ujarnya.

Sehingga, setelah pandemi Covid-19 selesai, wisatawan asing yang datang sudah mendapatkan informasi tentang wisata pendakian dan non pendakian di Lombok. ”Kami hanya minta untuk sama-sama menjaga Rinjani bersama,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager UGG Rinjani Lombok M Farid Zaini mengatakan, mereka terus menjaga agar status Rinjani sebagai geopark dunia tetap dipertahankan.

Sebab tahun 2022 status tersebut akan dievaluasi dan ditentukan apakah masih layak atau tidak. Namun setahun sebelum itu, April–Agustus 2021 tim Unesco akan datang ke Lombok. ”Mereka akan melihat semua dokumen persyaratan dan apa saja yang sudah dilakukan,” jelasnya.

Namun sebelum itu, pengeloa UGG Rinjani harus menyerahkan dokumen di Januari 2021 ke Unesco. Sehingga sisa waktu yang ada akan mereka manfaatkan semaksimal mungkin. ”Kita butuh percepatan dan dengan tim yang baru mudah-mudahan lima bulan terakhir ini kita bisa maksimal,” harapnya. (ili/r5)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Tekan Jumlah Pernikahan Dini, Rutgers Gandeng Pemkab Lobar

"Khusus di Lobar terdapat SK dari Dikbud Lobar untuk memperbanyak jumlah SMP dalam memberikan pembelajaran kesehatan reproduksi yang komprehensif melalui modul setara. Total SMP yang mengadaptasi modul setara meningkat dari 4 SMP menjadi 9 SMP. Ini menandakan respons baik pemkab dan memiliki tujuan sama untuk menekan pernikahan usia dini," terangnya.

Review Deliveree Indonesia: Pengalaman Sewa Truk Colt Diesel

Logistik merupakan hal yang sangat kompleks dan rumit. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia logistik pasti sudah tahu seberapa ribetnya memastikan barang atau kargo yang ingin dikirimkan tiba dengan selamat di lokasi tujuan.

Hasil Survei Indikator, Elektabilitas HARUM Paling Tinggi

“Pak Mohan Roliskana hingga sejauh ini paling potensial menang dalam pemilihan mendatang,” ujar  Wakil Ketua DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam pemaparan yang dilakukan secara online dari DPP Golkar Jakarta, (18/9) lalu.

Polisi Pantau Kampanye Hitam di Pilwali Mataram

Pelaksanaan Pilkada di Kota Mataram mendapat atensi penuh pihak TNI-Polri. Polresta Mataram dan Kodim 1606 Lobar telah melakukan pemetaan potensi konflik dan mencegah secara dini beberapa konflik yang biasa terjadi pada masa Pilkada.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.

Pasangan Calon Harus Memberi Perhatian pada DPT

PESERTA pemilihan yaitu Pasangan Calon harus menunjukkan perhatian lebih pada seluruh tahapan yang ada, bukan hanya pada saat pendaftaran calon atau pada pemungutan suara saja. Salah satu tahapan yang sangat menentukan ialah tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Daftar Pemilih atau cukup disebut dengan penyusunan DPT.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Sutradara Trish Pradana, Angkat Kisah Mohan ke Layar Lebar

Sutradara Trish Pradana tak henti melahirkan karya. Di tengah Pandemi Korona ini ia kembali ke balik layar menuntaskan film baru bertajuk "Mohan". Ini merupakan film yang diangkat dari kisah hidup Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sewaktu remaja.
Enable Notifications    Ok No thanks