alexametrics
Sabtu, 31 Oktober 2020
Sabtu, 31 Oktober 2020

Setelah Bupati, Wakil Bupati Dompu Juga Terjangkit Korona

SEKRETARIS Daerah Dompu H. Muhibuddin ditunjuk Plh Bupati Dompu menyusul Bupati Dompu H Bambang M Yasin dan Wakil Bupati Dompu Arifuddin dinyatakan positif Covid-19. Kedua pemimpin daerah teresbut harus menjalani isolasi sehingga Gubernur menunjuk Sekda Pelaksana Harian Bupati.

“Jadi ada surat dari gubernur, bukan sebagai pengangkatan tetapi sebagai penegasan,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB H Lalu Abdul Wahid, kemarin (18/10).

Penunjukan tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dalam situasi seperti yang terjadi di Dompu, Sekretaris Daerah otomatis ditunjuk menjadi pelaksana harian (Plh) Bupati Dompu.

Hal itu kata Abdul Wahid diatur dalam pada pasal 56 ayat 5, UU Nomor 23 Tahun 2014.

“Surat itu sebagai bentuk fasilitasi provinsi kepada kabupaten. Surat akan kita teruskan ke Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Sekda akan menjadi Plh Bupati Dompu selama Bupati dan Wakil Bupati diisolasi. Tapi jika salah satu dari kedua kepala daerah itu tidak lagi dikarantina, maka Plh tidak perlu ditunjuk.

“Makanya kita lihat dulu surat keterangan dokternya seperti apa model karantinanya,” kata Abdul Wahid.

Pengangkatan Plh, kata dia, merupakan upaya pemerintah agar tidak terjadi   kekosongan jabatan kepala daerah.

Dalam rilis Gugus Tugas Covid-19 NTB, Wabup Dompu Arifuddin terkonfirmasi positif Korona, yakni pasien nomor 3.726, an. A, laki-laki, usia 55 tahun, penduduk Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19.

Ia punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19 nomor 3.534. Saat ini A menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Dompu.

“Pasien 3.534 sebelumnya adalah HBY,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 NTB I Gede Putu Aryadi.

Ia merupakan hasil penelusuran kontak erat oleh petugas di Dompu. “Pasien A adalah OTG sehingga isolasi mandiri di bawah pengawasan petugas medis,” jelasnya.

 

Sempat Kunjungi Pasar

 

Sementara itu, Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Dompu Jufri, kemarin (18/10) menjelaskan, sebelum uji usap atau Swab TCM, Wakil Bupati Arifuddin dinyatakan reaktif dari hasil rapid test pada Sabtu siang. Kemudian dilanjutkan dengan Swab TCM di RSUD Dompu dan hasilnya positif.

“Sekarang beliau dalam kondisi baik,” terangnya.

Sehari sebelumnya, Wabup sempat berkegiatan seperti biasa. Dia membagikan masker gratis kepada para pedagang di Pasar Bawah Dompu pada Jumat. Bagi-bagi masker itu digelar usai kerja bakti bersama pimpinan OPD dan seluruh ASN.

Selain membagikan masker gratis, Wabup juga turut menyosialisasikan agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak (social distaning), menggunakan masker, dan mencuci tangan agar tidak terpapar dari virus korona.

Sementara itu, Bupati Dompu H Bambang Yasin dikabarkan sudah sembuh dari Covid-19. Hal itu diketahui setelah Swab kedua di RSUD NTB Jumat (16/10) negatif.

Hanya saja, hingga kemarin, Bupati Dompu masih menjalani perawatan intensif di RSUD NTB dan dalam kondisi baik. “Yang berhak memutuskan itu pihak RSUD NTB,” katanya.

Bupati Bambang sendiri mulai dirawat Ahad (11/10) lalu di RSUD NTB di Mataram setelah dinyatakan positif Covid-19. (ili/jw/LPG/r6)

 

 

 

Wakil Bupati Dompu pun Positif

 

16 OKTOBER 2020

  • Masih beraktivitas normal dengan menjalani kegiatan kerja bakti bersama pimpinan OPD dan ASN.
  • Menggelar kunjungan kerja ke Pasar Bawah Dompu dan membagikan masker ke para pedagang.

 

17 OKTOBER 2020

  • Pada siang hari menjalani rapid test. Hasilnya reaktif.
  • Langsung dilakukan uji usap (swab) dan hasilnya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.
  • Karena tanpa gejala, diputuskan untuk menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari tim RSUD Dompu.

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Inovasi Menyulap Lahan Kosong Jadi Taman Indah dari Sumbawa Barat

Desa Mura, Desa Menemeng, dan Kelurahan Arab Kenangan adalah juara Kampung Sehat di Sumbawa Barat. Dua desa dan satu kelurahan ini pun optimistis bakal bisa menyabet juara di tingkat provinsi. Apa yang diandalkan? Dua desa dan satu kelurahan itu rupanya punya satu kesamaan. Yakni, membuat inovasi dengan menyulap lahan kosong menjadi taman yang indah dan asri.

SADAR Keliling Kampung Sambil Ajak Warga Loteng Bermasker

TANTANGAN terbesar para Pasangan Calon saat berkampanye sehat adalah saat bersentuhan dengan pemilih di pelosok kampung. Kesadaran menggunakan masker relatif masih lebih rendah daripada warga yang tinggal di perkotaan

Gagasan ‘Magrib Mengaji’ Jarot-Mokhlis Diapresiasi

Gagasan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut lima H Syarafuddin Jarot-H Mokhlis menggagas program ‘Magrib Mengaji’. Hal ini diharapkan menjadi benteng sekaligus fondasi generasi cerdas dan mulia di Sumbawa.

Ridwan Klaim JODA Lampaui NADI di Lombok Utara

Gerindra optimis meraih kemenangan di tujuh kabupaten/kota. “Sebelum pendaftaran dan setelahnya (mesin partai) terus bergerak,” kata Ketua DPD Partai Gerindra NTB H Ridwan Hidayat.

H Muzihir Optimis HARUM Unggul di Pilwali Mataram

Politisi PPP NTB H Muzihir sangat optimis Pasangan Calon (Paslon) H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (HARUM) tampil sebagai jawara di Pilwali Kota Mataram. “Yang realistis (peta paslon yang berpeluang besar menang) ya baru di Mataram saya lihat,” katanya, Selasa (27/10).

Perambah Hutan Soromandi Dompu Ditangkap

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB menemukan kawasan hutan Soromandi RTK-15 di Desa Bara, Kecamatan Woja, Dompu, dirambah warga setempat. Hasil penyelidikan dan lacak balak kawasan hutan tersebut, penyidik PPNS Dinas LHK NTB menangkap warga setempat berinisial NSR alias Udin.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Lolos SKB, Peserta CPNS Wajib Daftar Ulang, Terakhir 7 Agustus

Panitia seleksi nasional (panselnas) CPNS 2019 sudah memutuskan melanjutkan tahapan rekrutmen. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB), wajib daftar ulang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan daftar ulang dilakukan 1-7 Agutus.

Kabar Baik, Pemerintah Izinkan Pengiriman TKI ke Luar Negeri

Pemerintah telah membuka peluang kerja bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hanya saja, rekrutmen terbatas pada tenaga kerja terlatih sektor formal.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...
Enable Notifications    Ok No thanks