alexametrics
Sabtu, 31 Oktober 2020
Sabtu, 31 Oktober 2020

Waspada NTB Hujan Lebat Dalam Sepekan

JAKARTA–Kombinasi fenomena suhu lautan La Nina intensitas sedang (moderate) di samudera Pasifik dan rambatan gelombang Madden Julian Osciliation (MJO) di langit Indonesia diperkirakan berkontribusi pada cuaca ekstrim beberapa hari kedepan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah. “Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia tidak seragam, baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim/bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri,” kata Guswanto kemarin (18/10)

Selain La Nina, Guswanto mengatakan penguatan curah hujan di Indonesia juga turut dipengaruhi oleh penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang MJO (Madden Julian Oscillation ) dan Kelvin, atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby. Kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia berupa merupakan kluster/kumpulan awan berpotensi hujan.

Guswanto mengatakan, berdasarkan kondisi tersebut, pihaknya memprakirakan dalam periode sepekan ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan warning pada dampak hujan lebat di tiga provinsi yakni Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung. ”BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang,” kata Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati.

Berdasarkan informasi potensi dampak hujan lebat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga provinsi tersebut dengan status siaga. Prakiraan tersebut berlaku pada analisis cuaca pada 18 Oktober 2020, pukul 08.00 WIB, sampai dengan 19 Oktober 2020, pukul 07.00 WIB.

Sedangkan pada status waspada, BMKG merilis provinsi dengan status tersebut, yakni Aceh, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Meskipun beberapa wilayah bakal terdampak La Nina dengan peningkatan curah hujan, beberapa wilayah justru berpotensi mengalami kekeringan meteorologis.

Raditya mengatakan, BNPB telah menyampaikan surat edaran peringatan dini dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya tersebut tertanggal 15 Oktober 2020 melalui Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan. Surat dikirim kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di empat wilayah administrasi di tingkat provinsi. Keempat wilayah tersebut yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku.

Menurut data BMKG, hingga 10 Oktober 2020, beberapa wilayah bakal mengalami kekeringan meteorologis dengan status waspada hingga awas. Kekeringan meteorologi merupakan kekeringan yang disebabkan karena tingkat curah hujan suatu daerah di bawah normal.

Raditya mengatakan BPBD setiap daerah diharapkan untuk melakukan pemantauan sistem peringatan dini terkait kebakaran hutan dan lahan melalui situs bmkg.go.id, modis-catalog.lapan.go.id dan inarisk.bnpb.go.id. Langkah ini didukung dengan pengecekan lapangan bersama dengan dinas terkait.

Langkah selanjutnya yakni upaya penguatan kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat terkait ancaman kekeringan di daerah masing-masing. “Upaya tersebut dapat berupa penyiapan logistik dan peralatan seperti tangki air bersih, pompa air di tiap kecamatan teridentifikasi mengalami kekeringan,” papar Raditya.

Upaya penguatan lainnya berupa kampanye hemat air dengan memanen air hujan dan memanfaatkan air limbah rumah tangga yang relatif bersih, koordinasi multipihak dalam penyiapan alternatif kebijakan pemenuhan kebutuhan air di masyarakat melalui penyiapan sumur bor dan pengaturan distribusi air. (tau/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Inovasi Menyulap Lahan Kosong Jadi Taman Indah dari Sumbawa Barat

Desa Mura, Desa Menemeng, dan Kelurahan Arab Kenangan adalah juara Kampung Sehat di Sumbawa Barat. Dua desa dan satu kelurahan ini pun optimistis bakal bisa menyabet juara di tingkat provinsi. Apa yang diandalkan? Dua desa dan satu kelurahan itu rupanya punya satu kesamaan. Yakni, membuat inovasi dengan menyulap lahan kosong menjadi taman yang indah dan asri.

SADAR Keliling Kampung Sambil Ajak Warga Loteng Bermasker

TANTANGAN terbesar para Pasangan Calon saat berkampanye sehat adalah saat bersentuhan dengan pemilih di pelosok kampung. Kesadaran menggunakan masker relatif masih lebih rendah daripada warga yang tinggal di perkotaan

Gagasan ‘Magrib Mengaji’ Jarot-Mokhlis Diapresiasi

Gagasan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut lima H Syarafuddin Jarot-H Mokhlis menggagas program ‘Magrib Mengaji’. Hal ini diharapkan menjadi benteng sekaligus fondasi generasi cerdas dan mulia di Sumbawa.

Ridwan Klaim JODA Lampaui NADI di Lombok Utara

Gerindra optimis meraih kemenangan di tujuh kabupaten/kota. “Sebelum pendaftaran dan setelahnya (mesin partai) terus bergerak,” kata Ketua DPD Partai Gerindra NTB H Ridwan Hidayat.

H Muzihir Optimis HARUM Unggul di Pilwali Mataram

Politisi PPP NTB H Muzihir sangat optimis Pasangan Calon (Paslon) H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (HARUM) tampil sebagai jawara di Pilwali Kota Mataram. “Yang realistis (peta paslon yang berpeluang besar menang) ya baru di Mataram saya lihat,” katanya, Selasa (27/10).

Perambah Hutan Soromandi Dompu Ditangkap

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB menemukan kawasan hutan Soromandi RTK-15 di Desa Bara, Kecamatan Woja, Dompu, dirambah warga setempat. Hasil penyelidikan dan lacak balak kawasan hutan tersebut, penyidik PPNS Dinas LHK NTB menangkap warga setempat berinisial NSR alias Udin.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Lolos SKB, Peserta CPNS Wajib Daftar Ulang, Terakhir 7 Agustus

Panitia seleksi nasional (panselnas) CPNS 2019 sudah memutuskan melanjutkan tahapan rekrutmen. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB), wajib daftar ulang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan daftar ulang dilakukan 1-7 Agutus.

Kabar Baik, Pemerintah Izinkan Pengiriman TKI ke Luar Negeri

Pemerintah telah membuka peluang kerja bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hanya saja, rekrutmen terbatas pada tenaga kerja terlatih sektor formal.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...
Enable Notifications    Ok No thanks