Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

MGPA Optimis Sirkuit Mandalika Akan Kantongi Lisensi Grade 2 FIA

MATARAM-Sirkuit Pertamina Mandalika ditargetkan menerima lisensi grada 2 dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) di awal tahun 2023. ”Januari atau Februari bisa dapat,” kata Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba.

FIA telah melakukan inspeksi terhadap kondisi Pertamina Mandalika International Street Circuit.di awal Desember lalu. Dengan menurunkan tim inspektor FIA dan didampingi Ikatan Motor Indonesia (IMI) dari bidang roda empat.

Samsul mengatakan, sebelum tim inspeksi datang, MGPA telah mengirimkan data lengkap Sirkuit Pertamina Mandalika. Berisikan layout sirkuit; fasilitas medis; race control; hingga pos marshal.

”Dari sana mereka verifikasi fisiknya seperti apa dan bagaimana kesesuaian dengan regulasi di FIA,” ujarnya.

Setelah melakukan pemeriksaan, FIA telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada MGPA. Ada beberapa perubahan yang harus dilakukan. Meski begitu, Samsul menyebut perubahan tersebut tidak sampai mengubah trek sirkuit.

Baca Juga :  Batal Oktober 2021, Ini Jadwal Terbaru MotoGP di Sirkuit Mandalika

”Hanya perubahan minor saja. Untuk trek, layout, sampai ke aspal segala macamnya itu no issue,” sebut Samsul.

Perubahan minor yang dimaksud Samsul terkait penambahan marka, terutama di pit lane, untuk disesuaikan dengan regulasi dari FIA. Menambah ketebalan ban untuk keselamatan balapan, hingga soal kerb di tepi lintasan trek.

MGPA menargetkan di Desember ini saran FIA dari hasil inspeksi bisa dipenuhi. Sehingga paling lama di Februari 2023, Sirkuit Pertamina Mandalikan bisa mengantongi lisensi grade 2 FIA.

”Karena penambahan minor, harusnya sih dalam waktu singkat, sebulan beres,” katanya.

Samsul sendiri cukup yakin Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa memperoleh lisensi grade 2 FIA. Apalagi tidak ada perubahan drastis yang harus dilakukan terhadap fisik sirkuit.

Baca Juga :  MotoGP Mandalika Dipastikan Sesuai Jadwal

”Bisa dibilang lebih dari 90 persen kami yakin dapat lisensi grade 2,” tandas Samsul.

Di tahun ini tim inspektor dari FIA telah dua kali datang ke Sirkuit Pertamina Mandalika. Guna memastikan kesiapan fasilitas utama maupun penunjang yang ada di sirkuit, dalam menggelar balapan roda empat.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, kedatangan tim inspektor FIA belum lama ini untuk mengecek langsung kondisi di lapangan. ”Mereka melihat langsung apa yang disebutkan dalam dokumen itu,” kata Priandhi belum lama ini.

Tim mengecek dengan melakukan beberapa putaran pada trek sirkuit. Termasuk melihat dengan detail fasilitas keselamatan dan sarana utama untuk menunjang balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks