alexametrics
Senin, 27 Juni 2022
Senin, 27 Juni 2022

Butuh Rp 92 Miliar untuk Standar Internasional

MATARAM-Kabar terbaru kembali datang dari persiapan RSUD NTB, menuju standar KARS Internasional. Peningkatan pelayanan ini sebagai upaya mendukung MotoGP 2021. Yakni, untuk melengkapi pembangunan gedung trauma centernya.

Direktur RSUD NTB dr Lalu Hamzi Fikri mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyusun Detail Engineering Design (DED). Sumber anggarannya berasal dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk diajukan Kemenkes RI.

“Batas waktu kita mepet juga, untuk masuk usulan itu deadline-nya 15 Juni,” terangnya, kemarin (20/5).

Untuk menuju standar KARS Internasional, inilah salah satu upaya yang sedang gencar dilakukan RSUD NTB. Menyempurnakan sistem pelayanan, SDM dan fasilitas kesehatan. Karena itu, pihaknya terus berupaya mengerjakan DED tersebut, kemudian sesegera mungkin diusulkan agar bisa teranggarkan di Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenkes di 2020.

Baca Juga :  23 Kasus Penularan Korona di NTB Bermula dari Pertemuan Keagamaan di Bogor, Gowa dan Jakarta

Fikri mengatakan, penyempurnaan gedung trauma center nantinya akan dilengkapi dengan helipad dengan estimasi anggaran Rp 92 miliar. Itu semuanya sudah berkonsultasi dengan Bappeda NTB. “Semuanya kita sudah komunikasikan,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan alat-alat kesehatan trauma center, Fikri menyebut semuanya sudah ada. Termasuk mobilisasi SDM pun sudah disediakan RSUD NTB. Dirinya benar-benar berharap, Kemenkes RI bisa memberi dukungan untuk melengkapi layanan kesehatan di RSUD NTB.

“Tinggal bangunan fisik dan standarnya yang akan kita upgrade, rencananya kami menginginkan standar KARS Internasional, itu yang sedang kita kejar, semoga ada dukungan,” tandasnya. (yun/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/