alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Dewan Desak Pemprov NTB Segera Terbitkan SK Pemutusan Kontrak GTI

MATARAM-Pemutusan kontrak kerja sama PT Gili Trawangan Indah (GTI) tak kunjung direalisasikan. Pemprov masih berkutat pada masalah administrasi. Terkait dengan surat yang bakal dikirim ke PT GTI.

Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi mengatakan, pemprov ingin membuat keputusan terbaik yang bisa menyenangkan semua pihak. Sehingga apa yang disampaikan jaksa pengacara negara (JPN) selaku penerima SKK, akan dicermati.

”Kita masih ada kaitan dengan PT GTI, berarti harus dikomunikasikan juga,” kata Gita.

Karo Hukum Setda NTB H Ruslan Abdul Gani mengatakan, draf surat pemutusan kontrak dengan PT GTI belum dikirimkan. Pemprov masih akan melakukan pembahasan lebih dulu bersama JPN. ”Belum kita kirimkan,” kata Ruslan.

Lambannya langkah pemprov berpotensi membuat percepatan stabilitas pariwisata di Gili Trawangan menjadi tersendat. Publik butuh informasi yang jelas. Juga kepastian mengenai siapa yang bakal diberi hak pengelolaan.

Anggota DPRD NTB Sudirsah Sujanto kembali mendesak agar pemprov segera membuat SK terkait pemutusan kontrak tersebut. ”Setelah itu lakukan sosialisasi. Terkait status aset tanah tersebut,” kata Sudirsah.

Sikap tegas pemprov dengan memutus kontrak GTI, meski baru sebatas lisan, tetap diapresiasi Sudirsah. Ia yakin pemprov sudah memiliki perencanaan mengenai tata kelola aset tanah di Gili Trawangan. Terutama setelah nanti diambil alih.

Selain itu, politisi Gerindra ini meminta pemprov membentuk tim khusus. Guna melakukan pendataan hingga validasi, terhadap mereka yang selama ini menempati lahan pemprov di Gili Trawangan.

Kata Sudirsah, lebih dari satu dekade, lahan pemprov yang dikuasakan ke PT GTI, lebih banyak dikelola pengusaha dengan nilai investasi miliaran rupiah. Meski mereka tidak mengantongi izin legal.

”Pendataan nanti diharapkan tidak membuat gaduh dan mengganggu iklim investasi kepariwisataan di daerah,” kata Sudirsah. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks