alexametrics
Senin, 3 Oktober 2022
Senin, 3 Oktober 2022

Antisipasi Kemacetan, Pemegang Tiket WSBK Jenis Ini Dilarang Bawa Mobil

MATARAM-Sektor transportasi pada event World Superbike (WSBK) 2022 menjadi salah satu atensi panitia daerah untuk dibenahi. ”Kami coba untuk meminimalisasi kemacetan,” kata Komandan Lapangan Persiapan WSBK Mandalika Jamaluddin.

Penyelenggaraan event balapan internasional di NTB harus lebih baik dari tahun ke tahun. Maupun event yang telah diselenggarakan sebelumnya. Ini juga berlaku pada balapan WSBK yang memasuki tahun kedua pada November nanti.

Sebelum event WSBK, Sirkuit Pertamina Mandalika telah menggelar balapan MotoGP di tahun ini. Ia mengatakan, panitia daerah telah melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan MotoGP lalu. Salah satu yang menjadi atensi soal kemacetan arus lalu lintas.

Agar tidak terulang pada balapan WSBK, Jamal mengimbau penonton bisa lebih banyak menggunakan kendaraan roda dua. Apalagi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah menyediakan area parkir baru.

Baca Juga :  MotoGP Sukses Digelar, Bupati Loteng Ucapkan Terima Kasih ke Warga

”Lokasinya di dalam, dekat dengan sirkuit. Gunakan motor supaya menghindari macet,” kata Jamal.

Imbauan untuk menggunakan sepeda motor disertai dengan larangan bagi penonton untuk membawa mobil. Larangan ini berlaku baru penonton pemegang tiket pada kelas festival dan tribun.

Ia mengatakan, mobil hanya diperbolehkan bagi penonton pemegang tiket VVIP. Maupun tamu undangan khusus VVIP, seperti pejabat negara. ”Kalau VVIP boleh menggunakan mobil,” sebut Jamal.

Lebih lanjut, jika penonton WSBK pemegang tiket festival dan tribun enggan untuk panas-panasan atau khawatir hujan di jalan, penyelenggara merencanakan untuk penyediaan transportasi umum menuju Mandalika.

Shuttle bus hadir saat penyelenggaraan MotoGP Maret lalu serta WSBK di November 2021. Penonton yang datang dari Kota Mataram, bisa menggunakan bus yang disediakan penyelenggara untuk menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca Juga :  Balapan ATC Mandalika Ditunda, Persoalan Marshal Wajib Dievaluasi Tuntas

Jamal mengatakan, di penyelenggaraan WSBK tahun ini, penonton yang hadir ditargetkan sebanyak 45 ribu orang. ”Kalau bisa lebih dari target kan semakin bagus,” katanya.

Nah, untuk pengelolaan transportasi pada WSBK 2022, panitia daerah berencana melibatkan penuh Organisasi Angkutan Darat (Organda) NTB. Ketua Organda Junaidi Kasum pun telah menyanggupi jika seluruh pihak menyepakati hal tersebut. ”Kalau dipercaya insya Allah kami siap,” kata JK, sapaan karibnya.

JK mengatakan, armada yang dimiliki anggota Organda sangat cukup untuk memfasilitasi transportasi penonton WSBK. ”Kalau soal armada, dari dulu sudah sering saya katakan jumlahnya banyak. Dan cukup untuk event kelas internasional,” tandas JK. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/