alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Aplikasi Siaga NTB, Wadah Edukasi Kebencanaan bagi Masyarakat

MATARAM-Aplikasi Siaga NTB diharapkan menjadi wadah edukasi kebencanaan bagi masyarakat. Manfaatnya masyarakat dapat mengetahui apa saja jenis bencana, bagaimana penanggulangan dan melaporkan titik terjadinya bencana.

“Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat melalui aplikasi ini. Ketika membuka aplikasinya masyarakat paham dengan kebencanaan dan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya,” tegas Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah saat rapat membahas Aplikasi Siaga NTB bersama Asisten III, BPBD NTB, Dinas Kominfotik NTB, Bappeda, dan DPMPD Dukcapil NTB di pendopo wagub, Senin (22/2/2021).

Aplikasi Siaga NTB nantinya akan terkoneksi dengan kabupaten/kota. Sehingga masyarakat seluruh NTB dapat dengan sigap melaporkan berbagai kejadian kebencanaan yang ada di sekitarnya sehingga misi “NTB Tangguh Bencana” dengan cepat terealisasi.

“Seluruh kepala desa nanti akan menginformasikan kepada warga desa untuk menginstal aplikaai siaga, agar masyarakat dari berbagai penjuru desa dapat ikut serta melaporkan,” tuturnya.

Wagub juga mengimbau, agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi siaga NTB selayaknya buku pintar sehingga informasi kebencanaan dapat dipelajari selengkap – lengkapnya.

“Masyarakat desa kabupaten/kota menjadi tidak awam terhadap bencana dan paham sehingga apa yang akan dilakukan pada saat bencana terjadi dapat dilakukan seperti misalnya terjadi gempa maka sudah tersedia sop apa yang harus dilakukan, titik kumpul dan sebagainya,” tutur Ummi Rohmi sapaan akrab wagub.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD NTB Zaenal Abidin akan terus mengupayakan agar aplikasi siaga NTB dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. “Saat ini masih dalam tahap penyempurnaan aplikasi, tercatat sebanyak 591 user yang menginstall aplikasi siaga,” ungkapnya.

Zaenal yang didampingi tim akan mengintegrasikan aplikasi siaga NTB dengan aplikasi BMKG NTB, agar pemberitahuan mengenai kebencanaan langsung dari stakeholder terkait.

“Harapan kami selanjutnya akan mengkoneksikannya dengan aplikasi BMKG semoga segera dapat bisa diakses masyarakat,” jelasnya.

Dalam aplikasi siaga dapat diinstal melalui aplikasi PlayStore dan terdapat beberapa fitur yang dapat diakses antara lain fitur laporkan bencana, info cuaca, info bencana, peta lokasi penting, berita, edukasi bencana dan sop, gallery, nomor penting, artikel dan notifikasi.

Kepala Dinas PMPD Dukcapil NTB H Ashari mengungkapkan bahwa masyakat sebagian besar sudah menerima edukasi kebencanaan. Dengan adanya aplikasi maka semakin memperbanyak wadah bagi masyarakat desa untuk dapat memperoleh edukasi kebencanaan.

Alhamdulillah rata-rata desa sudah terinvestasi dengan bencana dan sudah sebagian besar sudah mendapatkan informasi kebencanaan, semoga aplikasi siaga ini dapat segera jadi agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkas Ashari. (ewi/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks