alexametrics
Rabu, 8 Desember 2021
Rabu, 8 Desember 2021

Baru Diluncurkan, Tiket WSBK Mandalika Mulai Diserbu Pembeli

MATARAM–Yang ditunggu publik datang juga. Tiket MOTUL FIM World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika Interantional Street Circuit resmi dilaucnhing, kemarin (21/10). Dan benar. Animo para pencinta olahraga otomotif rupanya sangat tinggi. Beberapa jenis tiket yang dijual platform resmi yang ditunjuk sebagai agen tiket langsung diserbu. Bahkan ada yang sampai full booking.

Lombok Post tadi malam mengakses platform Dyandratiket.com, salah satu agen tiket resmi yang ditunjuk menjual tiket ke publik. Dyandratiket telah melayani pemesanan pre booking sejak kemarin. Hanya tersisa dua jenis tiket yang masih bisa pre order. Yakni Hospitality Class A dan Hospitality Class B. Sementara seluruh jenis tiket lainnya yang dijual Dyandra telah full booking.

Yang sudah full booking tersebut yakni tiket jenis Hospitality Class C, Purple Section 1, Blue Section 1, 2, dan Red Section 1 dan 2. Tiket hospitality Class C, bukanlah tiket dengan harga murah. Tiket dengan fasiltias seabrek ini setidaknya dilepas dengan harga Rp 14,5 juta. Sementara tiket purple, adalah tiket dengan harga Rp 1,395 juta dengan lokasi tribun dekat tikungan 15. Sedangkan tiket  blue dilepas dengan harga Rp 1,85 juta – Rp 2,35 juta dengan tribun tribun dekat tikungan 1 dab 16. Dan untuk tiket Red, dilepas dengan harga Rp 2,65 juta – Rp 2,82 juta untuk tribun tribun yang menghadap garis start dan finish. Total, Dyandra akan menjual 2.000 tiket dari total 25.000 tiket yang tersedia.

Sementara itu, empat platform lain yang ditunjuk sebagai agen tiket secara resmi, belum memulai pre order. Penjualan resmi baru akan dimulai pada Sabtu (23/10) esok. Selain Dyanrdra ada Xplorin, tiket.com, tiketmu.id, dan tiketapasaja.com.

Secara keseluruhan, tiket untuk menonton WSBK memiliki variasi harga dengan kisaran Rp 795 ribu hingga Rp 2,82 juta (belum termasuk Pajak) yang berlaku untuk menonton selama 3 hari yakni 19-21 November 2021.

“Harga tiket ini ditentukan berdasarkan lokasi duduk atau tribun penonton saat event penyelenggaraan WSBK,” kata Vice President Corporate Secretary Indonesian Toruism Development Corporation (ITDC) I Made A. Dwiatmika dalam keterangan tertulis,kemarin.

Dia mengungkapkan, harga tiket termurah adalah Standard Grand Stand di kisaran Rp 795 ribu sampai Rp 995 ribu di tribun penonton dekat tikungan 15 dan tikungan 17.

Harga tiket yang lain yaitu West Grand Stand berdekatan dengan tikungan 15 seharga Rp 1,395 juta. Kemudian Main Grand Stand yang berada di dekat tikungan satu dan tikungan 16 Sirkuit memiliki kisaran harga Rp 1,85 juta – 2,35 juta. Sementara Premiere Grand Stand yang lokasi duduknya menghadap gate start dan finish pembalap di kisaran harga Rp 2,65 juta – Rp 2,82 juta.

Di samping lokasi titik tersebut, penyelenggara event juga telah menyiapkan kategori Hospitality Suites, yang terdiri dari dua kelas yakni Premiere Class yang dibanderol harga Rp 19,5 juta dan Deluxe Class dengan harga Rp 14,95 juta yang berlaku untuk tiga hari. Premiere Class ini berlokasi di lantai 2 Pit Bulding sehingga memudahkan penonton untuk berinteraksi dengan pembalap. Sementara Deluxe Class berlokasi di VIP Village berdekatan dengan Paddock Sirkuit.

Hanya saja, berapa jumlah kuota untuk masing-masing jenis tiket hingga tadi malam, sejumlah pihak yang dihubungi Lombok Pot di ITDC dan MGPA belum bersedia merincinya. Termasuk, berapa alokasi kuota untuk tiket dengan harga yang paling rendah.

Di sisi lain, Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah menambahkan, selain membeli tiket, masyarakat yang ingin menonton secara langsung event WSBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit diwajibkan memenuhi kriteria tertentu. Di antaranya berusia 12 tahun ke atas dan sudah melakukan dua kali vaksin Covid-19. Selain itu penonton juga wajib membawa dan menunjukkan hasil swab antigen 1 kali 24 jam atau swab PCR 2kali 24 jam negatif Covid-19 sebelum memasuki area Sirkuit melalui aplikasi PeduliLindungi.

Termasuk melakukan pemindaian QR code yang disiapkan oleh pengelola untuk masuk Sirkuit. Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes swab antigen/PCR dari rumah sakit atau klinik serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang dikirim ke email terdaftar.

Pantauan Lombok Post di lokasi area Pertamina Mandalika International Street Cirkuit, tribun penonton sudah mulai dibangun sejak Rabu (20/10) lalu. Lokasi tribun yang sudah mulai dibangun berada di track lurus dekat garis start/finish. Pembangunan sirkuit dimobilisisasi melalui terowongan menuju lokasi di dalam area sirkuit. Sehingga kemungkinan besar penonton akan diarahkan masuk melalui terowongan menuju area di dalam sirkuit.

Selain menyediakan tribun untuk penonton kalangan umum, ITDC dan MGPA juga menyiapkan tribun khusus bagi penyandang difabel di Grandstand Difable.

Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer menjelaskan jika secara keseluruhan kapasitas penonton yang bisa ditampung Pertamina Mandalika International Street Circuit Mandalika mencapai 195.756 orang. Hanya saja, dalam kondisi pandemi yang belum berakhir pemerintah hanya mengizinkan penonton yang datang mencapai 25.000 orang.

“Itu pun harus vaksin dua kali dan tes antigen dengan prokes yang ketat. Nanti akan diberikan gelang khusus bagi penonton yang sudah membeli tiket,” jelasnya.

 

Penentu Juara Dunia

 

WSBK Mandalika sendiri akan menjadi seri ke-13 atau putaran terakhir balap WSBK. Penentuan juara dunia WSBK pun berpotensi terjadi di sirkuit baru kebanggaan masyarakat Indonesia ini.

Saat ini Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea sedang bersaing memperebutkan posisi klasemen puncak. Toprak mengemas 531 poin, sedang Rea berada di posisi kedua dengan 501 poin. Dengan selisih 30 poin, dan sisa 60 poin lagi yang bisa diperebutkan kedua pebalap itu, peluang Toprak untuk juara WSBK bersama Yamaha musim 2021 ini terbuka lebar. Jika berhasil juara dunia, Toprak akan memutus rentetan prestasi Rea yang juara WSBK 6 kali berturut-turut bersama Kawasaki.

Meski kecil peluang untuk mempertahankan gelar juara dunia, Rea tetap memandang optimis balapan terakhir di Sirkuit Mandalika. “Jelas akan lebih baik berada di depan dalam kualifikasi, tetapi sekarang kami tidak akan rugi. Kami akan pergi ke sana dengan optimisme besar dan melihat apa yang bisa kami lakukan. Hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah pergi ke trek dan memenangkan ketiga balapan,” kata Rea, dikutip dari Motosan.

Rea juga mengatakan bahwa tekanan saat ini ada pada Toprak dan Yamaha, bukan dirinya. “Saya tak dalam posisi terbaik untuk babak final, tapi itu berarti tekanan bukan pada saya, tetapi pada Toprak dan timnya,” sambung Rea.

Di sisi lain, Toprak bakal mencoba meraih hasil terbaik di Sirkuit Mandalika, kendati lintasan ini masih baru. “Saya suka trek baru, saya akan belajar dengan cepat. Saya selalu mengatakan hal sama: saya akan mencoba untuk menang di sana, karena saya selalu fokus untuk memenangkan balapan. Namun saya masih tidak tahu seberapa kompetitif saya di sana, mereka semua sangat kuat. Dan di kejuaraan ini semuanya berubah dari satu akhir pekan ke pekan berikutnya,” ujar Toprak.  (ton/JPG/r6)

 

Harga Tiket WSBK Mandalika

GRAND STAND

  • Rp 000 – Rp 995.000
  • Tribun Dekat Tikungan 15 dan 17

WEST GRAND STAND

  • Rp 1,395 juta
  • Tribun dekat tikungan 15

MAIN GRAND STAND

  • Rp 1,85 juta – Rp 2,35 juta
  • Tribun dekat tikungan 1 dab 16

PREMIERE GRAND STAND

  • Rp 2,65 juta – Rp 2,82 juta
  • Tribun menghadap gate start dan finish

PREMIERE CLASS

  • Rp 19,5 juta
  • Lokasi di lantai 2 Pit Bulding dekat pembalap

DELUXE CLASS

  • Rp 14,95 juta
  • Lokasi di VIP Village dekat paddock sirkuit

 

Sumber: ITDC Mandalika dan MGPA

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks