alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

PLN NTB Percaya Diri Hadapi Natal dan Tahun Baru

MATARAM-Sistem kelistrikan NTB kini cukup andal. Daya mampu pembangkit di Pulau Lombok sebesar 308 Megawatt (MW) dengan beban puncak malam 247 MW. Sedangkan untuk sistem interkoneksi Sumbawa, daya mampu pembangkit sebesar 134 MW dan beban puncak 103 MW.

Kondisi itu membuat PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB percaya diri menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru. “Daya mampu pembangkit masih aman. Masih ada cadangan 60 sampai 90 MW,” kata GM PLN UIW NTB Lasiran dalam pertemuan dengan media di Mataram, Rabu (23/12).

Cadangan daya yang dimaksud Lasiran sebesar 61 MW untuk sistem Lombok dan 31 MW untuk Sistem Sumbawa. Bagaimana jika terjadi force majeur, misalnya terjadi kerusakan mesin pembangkit seperti yang terjadi Oktober lalu?

Lasiran mengatakan, kerusakan itu sudah berhasil diperbaiki. Kini, kondisinya sudah normal. Secara teknis, dia pun menjamin kondisinya akan aman. Kecuali jika terjadi bencana yang menyebabkan jaringan putus.

“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB agar sistem kelistrikan semakin andal, dan supaya kami dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata pria yang menjabat GM PLN UIW NTB sejak Oktober 2020 ini.

Dari sisi SDM, per 18 Desember 2020 sampai 7 Januari 2021 nanti, PLN UIW NTB menyiagakan 900 personel per hari. Mereka standby di 72 posko yang tersebar di Lombok dan Sumbawa. “Kami juga siapkan 20 buah genset yang akan standby di beberapa lokasi utama perayaaan Natal,” kata pria dengan rambut cepak ini.

PLN NTB juga menyiagakan 15 unit trafo mobile, 4 unit UPS mobile, dan 134 buah kendaraan, baik roda 2 ataupun roda 4. “Ini upaya PLN dapat merespons cepat apabila terjadi  gangguan pasokan listrik,” katanya. (jm/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks