Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Aparat Teritorial Korem 162/WB Dapat Bimtek dari Danpusterad

MATARAM-Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Teguh Muji Angkasa bertandang ke Korem 162/Wira Bhakti, Selasa (24/1). Kedatangan jenderal bintang tiga ini didampingi tim bimbingan teknis temu cepat lapor cepat.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo mengatakan, kedatangan danpusterad dalam rangka kunjungan kerja. Terkait pelaksanaan kegiatan pengumpulan dan penyajian data teritorial. Sekaligus bimbingan teknis temu cepat lapor cepat.

”Bimbingan teknis ini sangat baik, agar semua aparat teritorial memahami sistem pelaporan dengan baik,” kata Brigjen Aris.

Pemahaman terhadap pelaporan yang baik, akan membantu prajurit di lapangan. Memudahkan mereka dalam menjalani tugas pokok di wilayah tugasnya. Sekaligus bisa mendukung suksesnya kegiatan pusat informasi teritorial TNI Angkatan Darat.

Baca Juga :  Tiba di Bandara, Danrem 162/WB Disambut dengan Gendang Beleq

Kata Aris, danpusterad bersama tim akan melakukan bimbingan teknis dan pengarahan kepada prajurit Kodim 1620/Lombok Tengah. Sekaligus pengambilan data teritorial kepada 30 responden yang telah ditunjuk. Setelah itu, di hari ini kegiatan akan dilanjutkan ke Kodim 1615/Lombok Timur. ”Kegiatannya sama, soal bimbingan teknis kepada prajurit,” ujarnya.

Sementara itu, Kapenrem 162/WB Mayor Asep Okinawa mengatakan, laporan dengan cepat merupakan tugas prajurit TNI, terutama di kewilayahan. Prajurit dituntut lebih peka terhadap perkembangan dan situasi di wilayahnya.

”Prajurit yang di wilayah ini sebagai badan pengumpul keterangan untuk semua kejadian atau peristiwa,” kata Asep.

Tentu bukan hanya soal cepat saja. Ia menyebut, pengumpulan data harus dibarengi dengan keakuratan. Sehingga informasi yang berjenjang dari bawah hingga ke atas, bisa ditindaklanjuti dengan langkah-langkah tepat dan akurat.

Baca Juga :  Patroli ke Gereja di Seluruh NTB Ditingkatkan

Menurutnya, babinsa memegang peran penting untuk langkah pelaporan ini. Kesigapan dan kepekaan harus ada pada setiap Babinsa. Sebab, mereka yang paling dekat dengan masyarakat dan merupakan ujung tombak prajurit kewilayahan.

”Babinsa harus tampil di depan dalam membantu kesulitan masyarakat di wilayah binaannya,” tandas Asep. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks