alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Kasus Covid Melandai, Balai TNGR Tambah Kuota Pendakian ke Gunung Rinjani

MATARAM-Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memberi kabar baik untuk para pendaki. Usai Lebaran nanti, durasi pendakian ke Gunung Rinjani menjadi 4 hari 3 malam.

”Kita mulai berlakukan pada tanggal 4 Mei,” kata Kepala Balai TNGR Dedy Asriady, Minggu (24/4).

Perubahan durasi pendakian di Gunung Rinjani telah melalui sejumlah pertimbangan. Salah satunya terkait kian melandainya kasus covid di Indonesia. Dengan waktu pendakian selama 4 hari 3 malam, diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi pendaki untuk lebih leluasa menikmati keindahan alam Gunung Rinjani. ”Bisa lebih lama dan santai. Ini sudah cukup ideal,” ujarnya.

Selain soal waktu pendakian, Balai TNGR juga menambah kuota pendakian dari 50 persen menjadi 75 persen. Berlaku untuk enam pintu masuk pendakian Gunung Rinjani. Antara lain, jalur pendakian Senaru sebanyak 113 orang per hari; Timbanuh 75 orang; Aik Berik 75 orang; Sembalun 113 orang; Torean 75 orang; dan Tetebatu 75 orang.

Baca Juga :  IAGI: Glamping dan Wisata Helikopter ke Rinjani Perlu Kajian Mendalam

”Sebelumnya kan cuma 50 persen, sekarang kita tambah jadi 75 persen. Semoga bisa secepatnya juga 100 persen,” sebut Dedy.

Lebih lanjut, penambahan durasi maupun kuota mendaki, diharapkan juga bisa menekan pelanggaran yang dilakukan para pendaki. Terutama bagi mereka yang turun terlambat sehingga tidak melapor ke petugas Balai TNGR.

Pelanggaran yang dilakukan selama pendakian, membuat Balai TNGR melakukan blacklist terhadap 5.726 pendaki atau akun yang mendaftar melalui e-Rinjani. Dari ribuan pendaki, hanya 137 orang saja melakukan konfirmasi atas kesalahan yang mereka perbuat. Setelah proses klarifikasi ini, Balai TNGR kemudian memutuskan untuk membuka blokir terhadap 130 orang.

Jika kuota dan durasi pendakian di Gunung Rinjani mengalami peningkatan, tidak demikian dengan di Gunung Tambora. Kepala Balai Taman Nasional Tambora Yunaidi mengatakan, pendakian untuk Gunung Tambora masih berlaku aturan 3 hari dua malam.

Baca Juga :  Jalur Diperbaiki, Pendakian Rinjani Bakal Dibuka Bulan Juli

”Tapi perlahan akan ke arah peningkatan durasi pendakian, sambil kita menunggu perkembangan lebih lanjut,” kata Yunaidi.

Saat ini pendakian Gunung Tambora telah dibuka dengan masih menetapkan kuota terbatas, yang sebanyak 30 persen. Berlaku pada empat pintu pendakian, yakni jalur Pancasila sebanyak 251 orang per hari; Kawinda To’I 129 orang per hari; Piong 87 orang per hari; dan Doro Ncanga 87 orang per hari. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/