alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Usai MotoGP Reservasi Kamar Tiga Gili Lombok Naik 40 Persen

MATARAM-Gili Meno, Air, dan Trawangan (Matra) di Lombok Utara mengalami lonjakan reservasi setelah periode MotoGP. ”Dari Mei dan seterusnya, itu sudah mulai masuk pemesanan kamar di tiga gili,” kata Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan , Jumat (25/3).

Kusnawan menyebut ada peningkatan pemesanan hingga 40 persen lebih banyak, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Didominasi wisatawan mancanegara (wisman).

Naiknya reservasi kamar, tak lepas dari kebijakan pemerintah. Yang melonggarkan aturan di masa pandemi covid. Salah satunya tidak diberlakukannya karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri, yang datang dari seluruh pintu masuk di Indonesia.

”90 persen yang booking, itu dari wisman. Setelah ada no quarantine, reservasi langsung masuk,” tuturnya.

Geliat pariwisata tiga gili mulai terlihat saat MotoGP. Gelombang wisatawan datang saat hari pertama MotoGP Mandalika, di 18 Maret. Kusnawan memperkirakan ada sekitar 2.600 wisatawan MotoGP yang menginap di 1.300 kamar di tiga gili.

Baca Juga :  Selasa 12 Mei, Sembilan Pasien Sembuh, Lima Kasus Baru, Korona NTB Naik Jadi 344 Orang

Kusnawan bersyukur dengan kondisi saat ini. Apalagi jika melihat empat tahun ke belakang, pariwisata di tiga gili redup. Dihantam musibah gempa bumi dan berlanjut pandemi covid hingga saat ini.

Event MotoGP memberi harapan bagi pelaku usaha jasa pariwisata di tiga gili. Hotel-hotel dan restoran yang tutup kembali beroperasi. Meski belum semua, sudah ada sekitar 4.500 kamar tersebar di tiga gili yang siap menerima wisatawan.

Jika kondisi pandemi covid terus melandai. Kemudian diiringi dengan kebijakan pemerintah untuk sektor pariwisata, Kusnawan yakin angka reservasi kamar di tiga gili bisa terus bertambah. Hotel dan restoran yang tutup, bisa kembali buka.

”Sebelum gempa, ada 7.000 kamar di gili. Ke depannya akan bertambah (reservasi). Karena situasi yang membaik,” kata Kusnawan optimis.

Baca Juga :  Pemprov NTB Harapkan Sinergitas Cegah CPMI Ilegal

MotoGP memberikan dampak cukup signifikan untuk usaha pariwisata di tiga gili. Beberapa penonton MotoGP menambah waktu liburan mereka di Lombok dengan mengunjungi Gili Trawangan. Salah satunya, Harfitriyantho, pengusaha asal Jawa Timur.

”Mumpung ada di Lombok, biar sekalian bisa kunjungi banyak tempat,” kata pria yang karib disapa Har ini.

Har menyebut baru kali ini datang ke Lombok. Khusus untuk menonton MotoGP di Mandalika. Ia terbang dari Surabaya bersama keempat rekannya pada hari ketiga MotoGP.

Awalnya, Har ingin langsung pulang setelah menonton MotoGP. Namun berubah setelah rekannya mengajak untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata di NTB. ”Setelah balapan Minggu, itu langsung ke Sembalun. Habis itu lanjut ke Trawangan.Gak nyesel juga kalau harus lebih lama di sini,” tutur Har. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/