alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Disnakertrans Lotim Ingatkan Warga untuk Lebih Teliti Memilih P3MI

SELONG-Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang boleh merekrut tenaga kerja harus memiliki kantor cabang di NTB. Hal itu ditegaskan Kepala Disnakertrans Lotim H Supardi saat menerangkan kondisi rekrutmen tahun ini.

“Di sistem sudah jelas. Sesuai surat edaran gubernur. Data P3MI yang resmi dan memiliki job order juga sudah kita kirimkan ke semua desa,” kata Supardi pada Lombok Post, kemarin (27/1).

Menurutnya, keberadaan P3MI harus diketahui dengan pasti oleh Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Apalagi melihat maraknya kasus dugaan penipuan yang menimpa warga gumi patuh karya.

Kata Supardi, ada beberapa CPMI yang tidak terpaksa tidak bisa dilayani karena P3MI yang merekrutnya tidak memiliki kantor cabang di NTB. Selain itu, warga juga diharapkan memastikan apakah benar P3MI tersebut memiliki job order di negara yang dituju.

Baca Juga :  Cegah Penipuan CPMI, SBMI Lotim Minta Disnakertrans Gencarkan Sosialisasi

Saat ini, ada 59 negara yang sudah membuka penerimaan tenaga kerja asing. Di antaranya yang sudah banyak diminati warga Lotim adalah Taiwan, Singapura, dan Hongkong. “Kerajaan Saudi Arabia juga sudah buka. Malaysia masih tutup,” ujar Supardi.

Sejak new normal pascapandemi Covid-19, negara tujuan PMI satu per satu terus membuka penerimaan tenaga kerja asing. Dari awalnya 10 negara, bertambah menjadi 59 Negara. Kata Supardi, sudah ada delapan kali perubahan sampai mencapai angka tersebut.

Dijelaskan, dengan telah mengedarkan data P3MI resmi ke semua pemerintah desa, pihakanya telah mendapatkan respons dari warga ketika mendapati pekerja lapangan (PL) atau tekong yang datang merekrut atas nama sebuah perusahaan.

Baca Juga :  Bayar Rp 100 Juta, Dua Calon TKI Asal Lotim Gagal Berangkat ke Polandia

“Kita melihat ada saja warga yang datang untuk menanyakan apakah perusahaan yang dimaksud itu resmi dan benar memiliki job order,” terangnya. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/