alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Pengamanan World Super Bike, Polda NTB Di-backup Mabes Polri

MATARAM-Sirkuit Mandalika menjadi satu dari 13 venue penyelenggaran World Super Bike 2021. Sirkuit jalan raya ini bakal menjadi seri terakhir ajang balap motor tersebut, 12-14 November mendatang. Untuk menyukseskannya, Polda NTB telah menyiapkan skema pengamanan.

Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni mengatakan, mereka sudah melakukan focus group discussion (FGD) membahas pelaksanaan event internasional tersebut. ”Kita sudah bahas ini dengan seluruh stakeholder. Siapa berbuat apa sudah dibahas. Tinggal dijalankan saja,” kata Imam, Minggu (27/6).

Rencananya, dalam waktu dekat akan dilakukan tactical floor game (TFG) untuk mematangkan proses pengamanan. Agar gambaran mengenai proses pengamanannya lebih jelas. ”Nanti kita buatkan juga buku panduan untuk proses pengamanannya,” jelasnya.

Dalam buku itu dipaparkan mengenai penerapan protokol kesehatan (Prokes). Karena sampai saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. ”Penyelenggaraannya tetap mengedepankan prokes guna menghindari penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Seiring dengan itu masyarakat di NTB sudah divaksin lebih dari 70 persen. Agar terhindar dari Covid-19. ”Makanya selain persiapan pengamanan, target vaksinasi ini juga harus dikejar. Harus lebih dari 70 persen masyarakat kita sudah divaksin sebelum penyelenggaraan,” ujarnya.

Imam mengatakan, lapisan pengamanan di KEK Mandalika juga diberlakukan. Semua kekuatan dikerahkan. ”Mulai dari fungsi Intelijen, Brimob, Sabhara, hingga polisi perairan untuk mengamankan wilayah laut,” terangnya.

Tidak hanya itu, pintu masuk KEK Mandalika juga bakal diawasi CCTV. Langkah itu untuk memudahkan pemantauan terhadap pergerakan masyarakat yang bakal datang ke KEK Mandalika. ”CCTV itu nantinya terhubung langsung dengan command center,” ujarnya.

Polda NTB juga akan di-backup 8.000 personel dari Polda Bali dan Mabes Polri. Langkah pengamanan itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tamu yang akan datang ke KEK Mandalika saat event balap motor nanti.

Imam mengatakan, event World Super Bike harus berjalan sukses. Jangan sampai memalukan. ”Kita harus berikan yang terbaik. Pengamanan dan pelayanan kepada orang-orang yang datang ke KEK Mandalika,” kata dia.

Dia mengimbau masyarakat untuk memberikan kesan positif. Jangan sampai memberikan kesan negatif. ”Dukungan masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan kenyamanan pendatang sangat diperlukan. Mari kita jaga dan berikan kesan positif bagi wisatawan,” imbaunya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks