alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Antisipasi Covid-19, Pemprov NTB Terapkan Skema Bubble untuk Delegasi G20

MATARAM-Pemprov NTB mengantisipasi penyebaran covid untuk kegiatan side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. ”Jika prosedur kedatangan dilaksanakan dengan baik, ditambah sistem bubble, potensi penyebaran covid bisa ditekan,” kata Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah.

Rohmi mengatakan, sebagai tuan rumah dari side event G20, NTB telah bersiap. Terutama dari sisi kesehatan, agar tidak terjadi penyebaran kasus covid selama kegiatan berlangsung di Mandalika. Sistem bubble yang sama, juga bakal diterapkan saat pelaksanaan MotoGP di Maret nanti.

Secara umum, penanganan covid di NTB cukup terkendali. Terlihat dari status PPKM yang masih berada pada level 1. Meski demikian, kewaspadaan harus terus ditingkatkan. Terutama untuk protokol kesehatan, seperti memakai masker hingga membatasi mobilitas. Serta penguatan pada telusur, testing, dan treatment.

Baca Juga :  Aplikasi Siaga NTB, Wadah Edukasi Kebencanaan bagi Masyarakat

”Begitu juga dengan vaksinasi. Kami terus genjot pelaksanaannya, terutama untuk vaksinasi dosis kedua,” ujarnya.

Persiapan NTB sebagai tuan rumah side event G20 dicek langsung Komisi IX DPR RI. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI H Ansory Siregar mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi atensi pihaknya, terkait kegiatan multilateral di NTB. Antara lain penanganan covid dan vaksinasi.

”Informasi ini jadi atensi kami untuk mewujudkan terselenggarannya kegiatan G20 ini,” katanya.

Kegiatan G20 di NTB, dinilainya sebagai momen yang tepat untuk meningkatkan geliat ekonomi Indonesia, khususnya di NTB. Dengan 20 negara anggota organisasi internasional dan negara undangan, terdapat sekitar 6.500 delegasi yang akan hadir. Artinya akan ada dampak positif untuk banyak sektor.

Baca Juga :  Batik Sasambo Meredup, Ini Saran APPBI untuk Pemprov NTB

”Momen tepat sebagia pembukaan kembali tujuan wisata ke Indonesia. Bisa mendongkrak ekonomi dan kerja sama investasi,” tutur Ansory.

Mengenai nanti kendala-kendala yang dihadapi Pemprov NTB dalam persiapan side event G20, Komisi IX akan selalu membuka aspirasi dan masukan dari seluruh stakeholders. ”Nanti akan kita sampaikan ke pemerintah pusat, agar penyelenggaraan G20 bisa sukses terselenggara di NTB,” tandasnya. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/