alexametrics
Sabtu, 24 Oktober 2020
Sabtu, 24 Oktober 2020

Jembatan Putus Ditelantarkan Bertahun-tahun

MATARAM-Perbaikan jembatan rusak akibat banjir di Kabupaten Bima lelet. Sudah bertahun-tahun, belum ada upaya serius pemerintah memperbaikinya. Warga dibiarkan menderita karena akses ekonomi terganggu. Kini masyarakat mendesak Pemprov NTB bertanggung jawab.

Salah satu jembatan itu ada di Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Jembatan yang putus benar-benar menyulitkan warga setempat. Setiap hari warga harus melintasi sungai untuk mengangkut hasil pertanian, seperti bawang.

Pada musim kemarau, warga bisa menyeberangi sungai karena air surut. Tapi situasi menjadi runyam ketika musim hujan. Warga tidak bisa melintas dengan mudah karena debit air naik. ”Sangat berpengaruh (pada aktivitas ekonomi) apalagi musim hujan, saya sampai harus buat jalan alternatif,” katanya.

Jembatan itu berada di jalan lingkar utara Soromandi, yang menghubungkan Kabupaten Bima dengan Dompu. Jembatan banyak dilalui petani untuk jual beli hasil pertanian. Tapi sejak banjir tahun 2017, jembatan putus. Sampai sekarang belum dilakukan perbaikan.

Tahun lalu kontraktor sudah datang dan membawa material. Mereka hendak memperbaiki jembatan. Tiba-tiba pekerjaan batal. Dia tidak tahu persis penyebabnya. Dari informasi yang diterima, perbaikan awalnya akan menggunakan dana tanggap darurat, tetapi batal. Kemudian dijanjikan perbaikan pada saat APBD murni. Kini sudah setahun lebih, jembatan tidak kunjung diperbaiki.

Warga mendesak pemprov segera memperbaiki jembatan itu.  Mereka ingin secepatnya rampung agar aktivitas kembali normal. ”Besok Senin (1/7) warga akan hearing ke kantor camat untuk masalah ini,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Sahdan memahami keresahan warga. Jembatan awalnya akan diperbaiki menggunakan dana tanggap darurat kebencanan. Tapi karena masa tanggap darurat selesai, dana perbaikan dialihkan melalui APBD murni.

Dia memastikan jembatan akan diperbaiki tahun depan. Dananya disediakan di APBD 2020, dia masuk proyek perbaikan infrastruktur dengan pola tahun jamak 2020-2023 senilai Rp 750 miliar. ”Ini masalah teknis pembiayaan saja,” kata Sahdan.

Tidak hanya Jembatan Sorisoa di Desa Kananta, dua jembatan lainnya ada di Desa Sanggar yakni Jembatan Boro I dan Boro II. Ketiga jembatan yang rusak itu akan dikerjakan tahun depan. Dinas PUPR NTB mengalokasikan anggaran sekitar Rp 20 miliar. Masing-masing Rp 10 miliar untuk jembatan di Desa Kananta, dan masing-masing Rp 5 miliar untuk dua jembatan di Desa Sanggar.

”Kami harapkan warga bersabar, saya juga ingin cepat, tetapi semua tergantung ketersediaan dana,” imbuhnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB H Ahsanul Khalik menambahkan, awalnya memang akan menggunakan dana tidak terduga. Tapi penanganan tanggap darurat di akhir 2016 hingga awal 2017 berakhir. Dana yang  disediakan tidak mungkin dipakai. Bila diteruskan, itu akan menjadi masalah. ”Kami tidak mau membuat gubernur salah dan terjadi maladministrasi,” katanya. (ili/r5)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Warga Antusias Hadiri Peresmian Rumah Besar Relawan HARUM Ampenan

Ratusan warga tumpah di jalan Saleh Sungkar, Dayen Peken Ampenan Kamis (22/10) sore kemarin. Warga hadir menyambut kedatangan pasangan H Mohan Roliskana – TGH Mujiburrahman (HARUM). Kedatangan pasangan ini untuk meresmikan Rumah Besar Relawan HARUM Ampenan.

Satgas Covid-19 : Masyarakat Harus Taat 3M Ketika Liburan

Kebijakan yang dibuat pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dinilai cukup baik. Tantangan selanjutnya adalah pengawasan terhadap implementasi di lapangan. Khususnya terkaitpenerapan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Tiga Bank Syariah Digabung, Bersiap Jadi yang Terbesar di Nasional

”Mengawal dan membesarkan tidak hanya sampai legal merger, tapi juga memastikan hadirnya bank syariah nasional terbesar ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi orang banyak dan membawa nama Indonesia ke kancah global sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” katanya.

Honda Genio Makin Fashionable

”Tampilan Honda Genio yang semakin atraktif mewakilkan ekspresi anak muda,” ujar Thomas. 

UN Diganti, Pemerintah Didorong Intensifkan Sosialisasi

”Supaya apa yang kurang dan kendala yang muncul, bisa segera dievaluasi,” ujar dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris dan Pasca Bahasa FKIP Unram ini.

Produksi Meningkat, Perajin Perak Terima Bantuan Hibah Mesin Giling

Ketua Tim  Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Adi Sayoga secara simbolis telah menyerahkan bantuan mesin giling perak kepada JEN' s

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

52 Ribu UMKM NTB Bakal Dapat Bantuan Presiden Rp 2,4 Juta

Pemprov NTB mengusulkan 52.661 UMKM sebagai penerima bantuan presiden (banpres) produktif. ”Data ini terus kita perbarui sampai minggu kedua bulan September,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB H Wirajaya Kusuma, pada Lombok Post, kemarin (23/8).

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...
Enable Notifications    Ok No thanks