alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

Gerakan Nasional Pakai Masker Dimulai dari Mandalika

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengkampanyekan gerakan memakai masker secara nasional di kawasan ekonomi khusus Mandalika, kemarin (27/8). Pemerintah menyiapkan dua juta masker gratis untuk NTB.

Menteri Muhadjir menegaskan, percuma jaga jarak, jaga aktivitas, dan menjaga diri dari kerumunan. Kalau tidak memakai masker. Karena dari hasil riset kata Menteri Muhadjir, 60 persen yang memakai masker, mampu menghindari penularan Covid-19.

“Artinya, masker menjadi senjata yang paling ampuh melawan Covid-19. Satu-satunya cara, menekan dan menurunkan angka positif. Bahkan, angka meninggal dunia,” katanya.

Di sela gerakan tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini membagi-bagikan masker ke para pedagang keliling yang sehari-hari mangkal di Kuta Mandalika. Hal yang sama juga dilakukan Menteri Muhadjir saat mengunjungi Desa Adat Sade di Desa Rambitan.

“Dua juta masker kami siapkan untuk warga NTB,” katanya.

Sebanyak satu juta masker berasal dari Kementerian Kesehatan dan 1 juta masker lainnya dari BNPB. “Mohon Pak Gubernur membagi-bagikan,” kata Muhadjir di hadapan Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Dia menginginkan, gerakan memakai masker nasional dimulai dari NTB. Dengan pembagian masker ini, dia menginginkan agar jangan sampai ada satu warga NTB yang tidak memakai masker manakala beraktivitas di luar rumah. Warga NTB harus menjadi contoh.

“Intinya, senjata pamungkas penerapan protokol kesehatan yakni, masker. Tapi, bukan berarti yang lain tidak penting,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Muhadjir juga mengatakan bahwa, kunjungannya sekaligus meninjau proyek rekonstruksi pascagempa di di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara. Termasuk Kampung Sehat di Desa Mantang, Kecamatan Batukliang. Kunjungan kerja akan berlangsung dua hari. Rencananya, Menteri Muhadjir dijadwalkan Salat Jumat di Masjid Agung Praya, hari ini.

Di sisi lain, Menteri Muhadjir juga datang untuk memastikan sektor pariwisata daerah berjalan dan memastikan progress pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika.

“Masalah-masalah apa saja yang belum diselesaikan, maka harus diselesaikan dengan cepat,” tandas Muhadjir. Dia menekankan, kehadiran event MotoGP di KEK Mandalika semata-mata demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat NTB.

 

Rebound Bertahap

 

Sementara itu, berbagai upaya untuk menggerakan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Salah satunya melalui sektor pariwisata. Lima destinasi super prioritas (DSP) masing-masing juga mulai menggeliat.

Pemerintah melakukan program rebound yang menandakan lima wisata itu siap menerima wisatawan. Program Rebound bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di destinasi pariwisata. Hal ini dalam rangka memasuki masa adaptasi kebiasaan baru.

Kawasan yang sudah rebound adalah Likupang yang dilakukan pada Juli lalu. Kemarin (27/8) Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari menyatakan destinasi beserta seluruh pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam memasuki masa tersebut dipastikan harus siap.

Selain itu, Kemenparekraf juga segera membentuk creative hub di lima DSP dalam kurun waktu setahun ke depan. Creative Hub ini nantinya diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan bagi para pelaku industri kreatif yang ada di sekitar kawasan DSP. ”Perencanaan pembangunan creative hub untuk di Toba akan dibangun di Samosir, Borobudur di Semarang, Likupang di Manado, di Labuan Bajo, dan Mandalika,” kata Hari.

Selain lima DSP, kawasan yang mulai rebound adalah Banyuwangi. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menargetkan pembukaan seluruh destinasi pada September. Hari mengatakan dalam penyesuaian kegiatan wisata di masa adaptasi kebiasaan baru perlu kedisiplinan dan ketegasan. ”Saat ini pemerintah fokus menggarap segmen wisatawan domestik hingga akhir tahun dan membuka destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara pascapandemi Covid-19,” tuturnya.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional I Kemenparekraf Oni Yulfian mengatakan kegiatan rebound destinasi wisata Banyuwangi bertujuan membangkitkan kembali potensi pariwisata di wilayah tersebut. Yang perlu diingat adalah menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE).  ”Kemenparekraf sangat mengapresiasi upaya Pemkab Banyuwangi dalam menerbitkan sertifikat kepada usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19 secara umum jadi program besar pemerintah pada 2021. Aspek yang diperhatikan adalah atraksi, aksesibilitasm dan amenitas (3A).

Menurut dia, pengembangan pariwisata tidak sekadar membangun infrastruktur atau membuat event. ”Misalnya storynomics tourism,” ujarnya. Wishnu menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan formula pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, dan kehidupan budaya di tempat wisata. (dss/JPG/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

“Menara Eiffel”di Desa Seruni Mumbul Lombok Timur Ramai Pengunjung

Pengelola wisata Denda Seruni, Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya tak ingin puas dengan keberhasilannya menyedot wisatawan. Realisasi target PADes Rp 30 juta per bulan harus dapat bertambah.

Bale Mediasi Lotim Damaikan Delapan Perselisihan

SELONG-Permohonan mediasi terus berdatangan ke Bale Mediasi Lotim. “Sudah ada 36 permohonan yang masuk,” kata Koordinator Administrasi Bale Mediasi Lotim Lalu Dhodik Martha Sumarna pada Lombok Post, kemarin (18/9).

Korem 162/WB Gelar Bakti Sosial di KEK Mandalika

Sejumlah kegiatan bakti sosial di gelar Korem 162/WB dalam rangka menyambut HUT TNI ke-75 di Loteng. “Terima kasih TNI karena menggelar salah satu rangkaian HUT-nya, di daerah kami tercinta,” ujar Asisten II Setda Loteng H Nasrun, kemarin (18/9).

Dugaan Korupsi Pembangunan RS Pratama Dompu Segera Naik Penyidikan

Penyelidikan dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama Manggelewa, Dompu, tahun 2017 sebentar lagi rampung. ”Kira-kira dua minggu lagi kita naikkan ke penyidikan,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra, kemarin (18/9).

Paling Sering Dibaca

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.
Enable Notifications    Ok No thanks