alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

NWDI Diharapkan Terus Berkiprah dalam Mencerdaskan Umat

MATARAM-Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) baik di daerah maupun pentas nasional diharapkan terus memberikan sumbangsih terbaik dalam aklerasi pembangunan dan mencerdaskan umat, saat ini hingga di masa yang akan datang. “Ini sebagai bentuk tanggung jawab sejarah, dalam melanjutkan cita-cita pahlawan nasional kita, pendiri NWDI,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat menghadiri tasyakuran nasional Hultah NWDI ke-86 dan haul ke-24 wafatnya Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (pendiri NWDI, NBDI, dan NW) melalui aplikasi Zoom, Minggu (29/8/2021).

Acara ini turut diikuti Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah (ketua muslimat Pimpus NWDI) dan Bupati Lombok Timur. Hadir juga pejabat negara seperti Menkopulhukam Prof Mahfud MD, Menteri BUMN Erik Tohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, ulama terkemuka, Prof Qurais Shihab, ulama dari jajirah Arab, dan seluruh jajaran PB NWDI hingga di jajaran daerah.

Di depan ribuan pengurus dan jamaah NWDI di seluruh dunia, gubernur NTB mengatakan, menginjak usia 86 tahun, tentunya sudah semakin dewasa, karena ditempa oleh fase sejarah yang telah dilaluinya. Begitu pun kiprah yang diembannya untuk mencerdaskan umat dan bangsa ini.

Pemerintah NTB, sambungnya, menempatkan NWDI sebagai salah satu aset bangsa yang sangat strategis dalam mengakselerasi proses pembangunan yang terus digalakkan bersama menuju kecerdasan umat dan bangsa Indonesia. “Tantangan zaman di masa yang akan datang semakin kompleks, sejatinya menjadi ruang pembelajaran sekaligus menjadi perhatian bagi semua,” jelasnya.

Pengalaman yang sangat panjang dalam berbagai fase sejarah, mampu memberikan kiprah yang nyata dalam melakukan modernisasi adab umat dan bangsa ini.

NWDI yang didirikan Almagfurullah TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, merupakan jawaban atas sejarah saat itu. Teropongnya jauh menatap masa depan dan berbagai dinamika untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan, sekaligus mengisi kemerdekaan. “Atas nama pribadi dan Pemrov NTB, selamat dan sukses atas agenda dan kiprah NWDI. Semoga Allah SWT mampu memberkahi setiap langkah dan kebersamaan kita, demi kecerdasan dan kesejahteraan kita semua,” tutup Doktor Zul.

Menkopolhukam Prof Mahfud MD berharap, NWDI semakin besar dan maju, sehingga dapat berkiprah untuk bangsa dan negara. Terutama memajukan pendidikan di Indonesia.

Ia juga mengapresiasi TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, yang telah berjuang membela NKRI dan mendirikan madrasah untuk anak bangsa saat itu. “Bahkan madrasah perempuan pertama di Indonesia saat itu didirikan oleh beliau,” pujinya.

Bukan hanya pendidikan, perjuangan yang diajarkan di madrasah adalah menumbuhkan nasionalisme, cinta terhadap bangsa dan negara. “Atas nama pemerintah, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada NWDI. Selamat hultah semoga terus ikut berkontribusi membangun dan mencerdaskan anak bangsa,” tutupnya.

Ketua Umum PB NWDI TGB H Muhammad Zainul Majdi menyampaikan apresiasi, atas waktu dan kesempatan gubernur NTB beserta pejabat negara hingga jamaah di seluruh dunia yang menghadiri hultah NWDI ke-86 dan haul ke-24 wafatnya Almaghfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Ia berharap, NWDI dapat meneruskan nilai-nilai dan ilmu dalam perjuangan yang telah diajarkan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. “Lahirnya madrasah NW pertama, pada tahun 1937, yang kita tasyakurkan hari ini,” kata TGB.

Ia berharap, ke depan NWDI terus memberikan sumbangsih dalam setiap situasi dan ruang pengkhidmatan yang tidak putus-putus. (ewi/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks