Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Sapras di Mantar Belum Memadai, Dispar NTB Minta Dukungan Infrastruktur

MATARAM–Belasan bahkan puluhan paket wisata telah dilaunching berbagai pihak yang konsentrasi di sektor pariwisata. Sayangnya, dari jumlah itu masih minim bahkan tak ada sama sekali paket wisata untuk desa-desa wisata di pulau Sumbawa.

“Bicara soal desa-desa wisata di pulau Sumbawa, terus menerus kita ikhtiarkan dengan intervensi berupa program lintas sektor,” ucap Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Lalu Hasbulwadi, Senin (28/11/2022).

Saat ini, salah satu yang sedang digenjot pemerintah adalah desa wisata kawasan Mantar, di KSB. Potensi disana dapat menjadi destinasi desa wisata yang segmen pasarnya mengglobal. Dan diyakini sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Desa Mantar.

“Kita harapkan media ikut pasarkan secara nasional dan global,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bendung Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa Melalui Aplikasi Bela

Diakui, untuk mempromosikan destinasi wisata ini maka sudah sepatutnya pemerintah mempersiapkan segala fasilitas sarana dan prasarana. Demi kenyamanan dan keamanan wisatawan.

“Ini sedang kita bangun, meski sudah ada homestay tapi SDM pengelolaan belum memadai, ketersediaan air bersih masih terbatas di sana sehingga menjadi permasalahan,” kata Hasbulwadi.

Pihaknya pun mendorong, agar dinas teknis terkait dapat menghadirkan infrastruktur yang memadai di Pulau Sumbawa. Sebab untuk mengembangkan sektor pariwisata tak cukup hanya Dispar seorang diri.

“Banyak destinasi wisata yang cukup menarik wisatawan. Namun sayang gaungnya masih kurang, lantaran sarana dan prasarana belum memadai,” pungkasnya. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks