Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Tinggal Finishing, Pembangunan IGD RSUP NTB Terpadu Sudah 90 Persen

MATARAM-Proyek Instalasi Gawat Darurat (IGD) Terpadu RSUP NTB progresnya mencapai 90 persen. Mega proyek ini ditargetkan tuntas pada pertengahan Desember 2022. ”Sekarang tinggal finishing saja,” kata Direktur RSUP NTB dr Lalu Herman Mahaputra.

Jack sapaan karibnya mengatakan, rencananya Gedung IGD Terpadu akan diresmikan bertepatan dengan HUT Provinsi NTB pada 17 Desember. Namun ada proyeksi lantai paling atas belum tuntas dikerjakan saat peresmian nanti. ”Tapi di Desember itu sudah harus selesai semua,” ujarnya.

IGD Terpadu berdiri setinggi 9 lantai. Bagian paling atas dilengkapi dengan landasan helikopter. Pembangunannya menggunakan pembiayaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur sebesar Rp 500 miliar. Sebagian dari anggaran tersebut digunakan juga untuk pembelian alat kesehatan untuk melengkapi pelayanan di IGD.

Baca Juga :  Usai Kebakaran, Pendakian Rinjani Kembali Dibuka tapi Ancaman Masih Ada

Keberadaan IGD Terpadu menjadikan RSUP NTB sebagai rujukan utama bagi masyarakat di NTB maupun Indonesia bagian timur. Sarana dan fasilitas hingga SDM telah ditingkatkan. Nantinya, di dalam gedung ini terdapat IGD anak, lansia, hingga ibu hamil.

Selain sebagai fasilitas rujukan kesehatan masyarakat, gedung ini merupakan penunjang utama dalam setiap event balap dunia. Seperti World Superbike (WSBK), MotoGP, hingga Motocross Grand Prix (MXGP).

RSUP telah dipilih Dorna Sports sebagai RS rujukan untuk penanganan insiden saat balapan. Telah dimulai dari penyelenggaraan pertama WSBK tahun 2021 lalu dan berlanjut ke MotoGP dan WSBK tahun ini. Bahkan saat MotoGP, pembalap Repsol Honda Marc Marquez sempat menjalani perawatan singkat di RSUP NTB saat mengalami kecelakaan di sesi warming up.

Jack mengatakan, fasilitas RSUP NTB saat ini sudah sangat baik. Namun, manajemen perlu meningkatkan dan menyesuaikan dengan standar pelayanan internasional untuk event balap dunia.

Baca Juga :  Pembuatan Vaksin Korona Asli Indonesia Terus Dipercepat

Karena itu, kehadiran IGD Terpadu diharapkan bisa mendukung kerja-kerja tim medis di lapangan dalam menangani seluruh event. Dari tingkat regional, nasional hingga internasional. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks