alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Banyak Event, Dispar NTB Belum Berani Pasang Target Tinggi

MATARAM-Sejumlah event internasional bakal digelar di NTB tahun 2022. Meski demikian Dinas Pariwisata (Dispar) NTB belum berani menargetkan kunjungan wisatawan terlalu tinggi. ”Mungkin masih di angka sekitar 1,5 juta kunjungan. Karena situasi Covid,” kata Kepala Dispar NTB H Yusron Hadi.

Merujuk pada kalender event yang dikeluarkan dispar, sepanjang tahun depan dipenuhi banyak kegiatan nasional maupun internasional.  Dimulai dari Januari dengan Lombok Sumbawa Travel Mart. Februari dengan Mandalika Surfing Open Championship, tes pramusim MotoGP, L’etape Tour de France, International Surfing Series Mandalika, dan Lombok Writers Festival.

Maret ada Festival Bau Nyale, Festival Desa Wisata, Pesona Budaya Lombok-Sumbawa, dan MotoGP. April ada Pesantren Expo, Parade Seni dan Budaya Islam, NTB Great Sale.

Bulan Mei ada Gebyar Tambora, Tambora Challenge, dan Pacuan Kuda. Juni ada MXGP Tambora/Moyo. Juli dengan Lakey Surfing Open Champions. Pada Agustus ada Rinjani World Music, Geopark Rinjani Sport Tourism Festival, Gili indah Begawe, Photography Contest, Senggigi-Pusuk Loop Challenge, dan Lombok Sharia Festival.

Baca Juga :  Jalur Timbanuh dan Aik Berik Butuh Promosi

Sedangkan September ada HK Endurance Challenge dan Festival Moyo. Oktober Mekaki Marathon, Maulid Adat Bayan, dan Festival Lasakosa. November IATC dan WSBK, Kite Surfing Kaliantan-Jerowaru, Mandalika Super Fast, Festival Taliwang Mantar dan Pemilihan Putri Indonesia. Terakhir di Desember ada Lombok Sumbawa Tenun Festival, Jambore IMI, Sembalun KOM.

Meski berderet event internasional dan nasional, Yusron mencoba bersikap realistis. Dengan mencoba tidak menargetkan angka kunjungan wisatawan yang terlalu tinggi.

Sikap ini juga dilatarbelakangi capaian kunjungan wisatawan NTB pada tahun ini. Sempat menargetkan di angka 1,5 juta wisatawan, namun realisasinya tidak sampai 1 juta kunjungan.

Kata Yusron, walaupun tidak menargetkan angka kunjungan yang tinggi, bukan berarti dispar tidak berusaha pada tahun depan. ”Tetap kita upayakan untuk meningkatkan lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Lebih baik kita berusaha saja dulu,” katanya.

Baca Juga :  Cipayung Plus Nusa Tenggara Barat Doakan Korban Sriwijaya Air SJ-182

Dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 1 November lalu, jumlah kunjungan ke NTB pada periode Januari hingga September sebanyak 660.560 wisatawan. Jika di rata-rata, sekitar 73 ribu wisatawan datang setiap bulannya.

Jumlah kunjungan tersebut tentu bisa terus bertambah. Apalagi BPS belum memasukkan hitungan saat event World Superbike (WSBK) yang berlangsung di November lalu. ”Pas WSBK kemarin kan lumayan juga yang datang,” kata Sekretaris Dispar NTB Lalu Hasbulwadi. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/