Jumat, 9 Juni 2023
Jumat, 9 Juni 2023

Wagub NTB Sebut Sembalun Bisa seperti Swiss, Ini Syaratnya!

MATARAM-Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah menyebut Sembalun di Lombok Timur bisa menjadi destinasi wisata internasional. Bahkan bisa setara dengan Swiss. Negara dengan ragam destinasi unggulan berupa panorama pegunungan.

”Bisa seperti Swiss. Kalau lingkungannya sehat. Tidak ada sampah dimanapun. Kalau semua tempat bersih dan terawat,” kata Rohmi.

Dia mengatakan, Provinsi NTB merupakan daerah yang sangat indah. Tujuan wisatawan dari berbagai negara. Sehingga bukan lagi menjadi keharusan, melainkan kebutuhan warga NTB untuk bisa menjadi costumer service yang baik bagi semua tamu.

Hospitality berupa keramahtamahan bagi wisatawan harus dilakukan secara terus-menerus. Keindahan, kebersihan, hingga penataan lingkungan yang baik dilakukan sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Baca Juga :  Sampah Makanan 184 kg Setahun, Setara Kasih Makan Ratusan Juta Orang

Wisatawan yang datang ke Provinsi NTB, disebut Rohmi bukan menjadi kemewahan. Apalagi gedung-gedung tinggi seperti di kota metropolitan. ”Yang dicari itu kenyamanan, keindahan, keasrian, dan lingkungan yang sehat,” tuturnya.

Kenyamanan dan keindahan tersebut, bisa hadir di banyak destinasi yang ada di Provinsi NTB. Salah satunya di Sembalun. Daerah di bawah kaki Gunung Rinjani, Lombok Timur.

Keindahan Sembalun memikat hati Rohmi. Bahkan Rohmi menyebut Sembalun bisa seperti Swiss. Dengan catatan semua tempat wisata di Sembalun bersih dan terawat. Memiliki toilet yang representatif, meski sederhana.

Menurutnya, impian tersebut tentu butuh kerja kerja. Serta harus ada perubahan pola pikir dari masyarakat. Karena itu, meminta masyarakat lingkar Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menjaga alam dan lingkungannya dengan baik.

Baca Juga :  Konferta V AJI Mataram, Cem-Wahyu Terpilih Aklamasi

Gunung Rinjani merupakan sumber mata air bagi masyarakat Pulau Lombok. Keindahan panorama kesuburan tanah Rinjani menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat di lingkar Gunung Rinjani dari sektor pariwisata dan pertanian.

Karena itu, Rohmi mengingatkan masyarakat menjaga sumber daya alam Rinjani. Tidak menebang pohon sembarangan yang mengakibatkan rusaknya mata air. Tidak membuang sampah sembarangan di kawasan konservasi alam Gunung Rinjani.

”Itu cara sederhana menjaga kelestarian alam,” imbuhnya. (dit/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Subscribe for notification