alexametrics
Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020

Mahasiswa Vokasi Unram Tagih Uang Beasiswa ke Pemkab KLU

TANJUNG– Mahasiswa Vokasi Unram di Kabupaten Lombok Utara (KLU) bersurat ke Plt Bupati H Sarifudin. Surat tersebut mengenai beasiswa semester lima yang belum dibayarkan Dinas Dikpora KLU.

Kepala Dinas Dikpora KLU Fauzan Fuad mengatakan, anggaran beasiswa tersebut terkena refocusing penanganan Covid-19. Namun pihaknya sudah menganggarkan kembali di APBD Perubahan.

Insya Allah di Oktober ini akan dibayarkan,” ujar Fauzan, Kamis (1/10/2020).

Ia menjelaskan, beasiswa tersebut adalah beasiswa peningkatan akademik. Berbeda dengan beasiswa bidik misi yang untuk pendidikan dan kebutuhan hidupnya.

Anggaran beasiswa bidik misi langsung dikirim ke rekening Unram. Sedangan untuk beasiswa peningkatan akademik langsung masuk ke rekening masing-masing. ”Jadi beasiswa itulah yang bilahari itu dibiayai dulu pembayarannya, karena tidak sama tahun anggarannya dengan tahun akademik,” jelas dia.

Anggaran pemda biasanya awal tahun, sedangkan untuk akademik pertengahan tahun. Namun karena anggaran di Dikpora dipangkas, akhirnya diinstruksikan untuk dibayar masing-masing dulu.

Pada perubahan ini sudah dianggarkan kembali dengan mengeser dan mencoret kegiatan yang lainya. ”Jadi tinggal menunggu waktu saja ini, tunggu disahkan perubahan ini,” sambung dia.

Terkait surat pada bupati, ia menilai mahasiswa tidak sabaran. Ia khawatir ada indikasi mahasiswa diprovokasi untuk kepentingan politik. ”Hanya sekali saja belum dibayar, semester V ini saja,” klaim Fauzan.

Dalam momen sulit akibat Korona ini, ia mengharapkan pengertian mahasiswa. Yang pasti Dikpora pasti akan membayarkannya. ”Besaran yang diterima masing-masing mahasiswa adalah Rp 1,5 juta,” imbuh dia.

Ketua LSM AMATI KLU,Wira Maya mengatakan, pihaknya dimintai tolong puluhan mahasiwa tersebut. ”Sampai semester enam belum juga dapat pengembalian,” kata dia.

Maya membeberkan, sekitar 45 mahasiswa Vokasi Unram ini diminta untuk membayar sendiri SPP semester V. Padahal puluhan mahasiswa ini mendapatkan beasiswa atau kuliah gratis dari Pemda KLU.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, pembayaran SPP semester V akan diganti Dikpora. Namun hingga beasiswa pembayaran SPP semester enam, belum kunjung diganti.

”Ke mana uang itu? ini yang menjadi pertanyaan adik-adik mahasiswa,” tutup dia. (fer/r9)

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Tak Masuk Prioritas, Jatah Vaksin Korona untuk NTB Belum Pasti

Kementerian Kesehatan memastikan Vaksin Covid-19 gelombang pertama akan mulai didistribusikan pertengahan Januari 2021. Hanya saja, berapa jatah vaksin untuk NTB, hingga kemarin (3/12) masih belum pasti.

Butuh Rp 300 Miliar untuk Uji Klinis Vaksin Merah Putih

KEMENTERIAN Riset dan Teknologi (Ristek)/BRIN terus mendorong percepatan pengembangan vaksin Merah Putih. Kemarin (3/12), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Universitas Indonesia (UI) mendapat Surat Keputusan (SK) terkait Pelaksana Harian Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19). 

Korona Mulai Reda, Perguruan Tinggi di NTB Pede Kuliah Tatap Muka

Perguruan tinggi di NTB mulai merespons kebijakan terbaru pemerintah pusat mengenai kuliah tatap muka yang bisa digelar pertengahan Januari tahun depan. Wakil Rektor (WR) I Unram Agusdin menjelaskan, kendati kebijakan tersebut diberlakukan pada awal tahun, namun kampus memulai perkuliahan semester genap pada Februari.

Pengamat : Nadi Bisa Kalahkan Joda

Paslon H Najmul Akhyar- H Suardi (Nadi) dinilai memiliki kans lebih besar untuk memenangkan pilkada Lombok Utara dibandingkan pesaingnya Djohan-Danny (Joda),           ”Nadi punya kekuatan yang tidak dimiliki Joda,” ujar Pengamat Politik NTB Dr. Kadri kepada Lombok Post, kemarin (4/12).

Koalisi Rapatkan Barisan, Survei PRESISI Sebut JODA Ungguli NADI

Partai politik (parpol) koalisi paslon Djohan Sjamsu dan Danny Carter Febriyanto Ridawan (Jadi) akan merapatkan barisan menuju pemenangan Joda, pada pilkada Lombok Utara, 9 Desember, mendatang.

Parpol Pengusung Tidak Kendorkan Mesin, Kawal Pemenangan NADI di KLU

Pada hari-hari terakhir kampanye, partai politik pengusung paslon Najmul Akhyar dan Suardi (Nadi) terus memacu mesin partai. Seluruh perangkat partai digerakkan untuk memastikan kemenangan pasangan Nadi. Paslon Nadi didukung sejumlah parpol. Seperti Partai Nasdem, PBB, Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, Hanura dan Gelora.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Debat Pamungkas, BARU Sindir SALAM Takut Pajang Logo PDI Perjuangan

Debat terakhir pasangan calon wali kota dan wali kota Mataram telah berakhir Senin (30/12) lalu. Seluruh paslon telah menyampaikan visi misi dan program kerja jika mereka terpilih memimpin Mataram di periode mendatang.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Selamat! Ini Pemenang Simpedes BRI Periode 1 Tahun 2020

”Mudah-mudahan dengan acara ini, nasabah BRI semakin loyal, semakin berkembang, dan semakin semarak bertransaksi,” tuturnya.

Akta Kelahiran Anak Kini Bisa Dibuat tanpa Buku Nikah

Akta kelahiran anak kini bisa dibuat tanpa melampirkan buku nikah atau akta nikah orang tua. “Sekarang ada namanya SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) pernikahan sebagai syarat buat akta kelahiran,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Chairul Anwar.
Enable Notifications    OK No thanks