alexametrics
Jumat, 27 November 2020
Jumat, 27 November 2020

Unram Gandeng BNPT dan FKPT NTB

Cegah Terorisme di Lingkungan Kampus

MATARAM-Universitas Mataram (Unram) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) NTB menggelar Dialog Pelibatan Civitas Academika Dalam Pencegahan Terorisme di gedung Dome, Selasa (27/10) lalu.

”Kebanyakan pelaku teror adalah orang-orang yang menentang pemerintahan Republik Indonesia,” kata Ketua Forum Koordinasi PencegahanTerorisme (FKPT) NTB H Lalu Syafi’i.

Ia mengatakan orang tersebut menolak pemerintahan yang sah dan tidak mau ikut berpartisipasi. Khususnya dalam aktivitas pemerintahan untuk membangun bangsa dan masyarakat.

“Mereka tidak mau ikut upacara bendera, tidak mengakui pancasila, hingga tidak menganggap pemerintah Republik Indonesia sebagai pemerintah yang sah,” jelasnya.
Hal itu mengakibatkanpelaku terorisme melakukan aksi-aksi kekerasan mencapai visi mereka. Sehingga kerap kali meresahkan masyarakat. Oleh karena itu menurutnya, Unram sebagai lembaga pendidikan memiliki peran vital. Baik itu dalam menangkal bibit-bibit pemahaman terorisme di lingkungan kampus.

”Mengingat pelaku terorisme banyak berasal dari kalangan pemuda,” tambahnya.

Rektor Unram Prof H Lalu Husni menerangkan berdasarkan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Disebutkan tujuan Pendidikan Tinggi adalah mengembangkan potensi mahasiswa. Tujuannya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, untuk kepentingan bangsa.

”Jadi menghasilkan lulusan menguasai Ilmu Pengetahuan Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa,” sambungnya.

Prof Husni mengatakan saat ini perguruan tinggi senantiasa dituntut memberikan pendidikan berkualitas. Hal ini bertujuan menjawab tuntutan masyarakat agar perguruan tinggi mampu berkontribusi positif. Ini dalam rangka menghasilkan sumbangsih membangun bangsa dan negara.

”Kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini karena memiliki tujuan untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan maupun gangguan yang mungkin terjadi termasuk terorisme di dalamnya,” tuturnya.

Menurutnya, acara tersebut sejalan dengan visi Unram untuk melaksanakan proses pendidikan tinggi berstandar mutu nasional dan internasional berbasis riset yang kuat. Khususnya dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki kompetensi dalam bidangnya dan berwawasan global.

”Kami berharap dapat diperoleh hasil positif, sehingga kita semua menjadi lebih cinta tanah air dan mampu melindungi diri dari ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” harapnya.

Sementara itu, Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT RI Hj Andi Intang Dulung mengaku BNPT sangat senang dapat merekatkan silaturahmi dan berkumpul bersama civitas akademika Unram. Khususnya dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai ancaman terorisme yang mengganggu keamanan dan perdamaian bangsa.

”Kami secara pribadi dan mewakili institusi menyampaikan rasa hormat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada bapak rektor Universitas Mataram dan jajarannya,” tuturnya.
Dia menjelaskan aktivitas kelompok teroris dengan aksi dan ancaman kekerasannya kerap menghantui kedamaian masyarakat. Menurutnya, tidak ada strategi tunggal karena kelompok terror selalu bergerak dinamis dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis, baik lokal, nasional maupun global.

“Mereka juga menghalalkan segala cara dan tipu daya, melalui berbagai media baik di dunia nyata maupun dunia maya untuk mempengaruhi masyarakat kita, utamanya generasi muda,” bebernya.

Oleh sebab itu, BNPT memberikan perhatian yang sangat serius terhadap perkembangan paham terorisme. Sebab ini bahaya laten yang perlu dijadikan atensi bersama. Karena itu juga menurutnya, sangat penting bagi BNPT ataupun FKPT sebagai mitra strategis bersinergi dengan civitas academika Unram.

”Dalam rangka mencegah paham terorisme dilingkungan kampus dan sekitarnya dan ini penting,” kata dia. (nur/*)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Mandiri Syariah Launching Fitur E-mas di Mandiri Syariah Mobile

Berdasarkan tren dan kebutuhan customer tersebut, kami melakukan inovasi produk layanan digital berbasis emas melalui fitur e-mas di MSM,” jelas Syafii.

Rumah Ditandai, Ratusan Penerima PKH Mendadak Mengaku Mampu

Langkah yang dilakukan Dinas Sosial Kota Mataram cukup ampuh untuk memverifikasi data penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Setelah melakukan labelisasi di rumah warga penerima PKH, ratusan warga mendadak menyatakan diri sebagai keluarga mampu alias memutuskan keluar dari program PKH.

Makmur : Warga Mataram Pemilih Cerdas

Kritik terhadap jalannya debat Pilkada Kota Mataram yang telah terlaksana dua kali datang dari sejumlah pihak. Banyak yang menilai debat monoton, datar bahkan ada yang mensinyalir debat sebagai sebuah konspirasi.

Ini Dia Morikai, Masker Wajah dari Daun Kelor Bikin Wajah Kinclong

Nurul Rahmadani begitu kreatif. Perempuan jebolan Agri Bisnis Universtas Mataram ini memanfaatkan daun kelor sebagai bahan kosmetik. Terutama masker wajah.

Peluang Raih Hati Pemilih Mataram di Debat Terakhir

Sejauh ini, beberapa lembaga survei mengunggulkan H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (Harum). Elektabilitas pasangan ini disebut jauh meninggalkan tiga pasangan lain.

HARUM Buka Ruang Kreatif untuk Pemuda MATARAM

Gelombang revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan fundamental pada berbagai tatanan kehidupan global. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi berbasis pemanfaatan teknologi informasi.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Kisah Sukses Juragan Lobster NTB : Sekali Panen Rp 1 Miliar

Budi daya lobster sungguh menjanjikan. Inilah hikayat mereka-mereka yang hidupnya berbalik 180 derajat karena lobster. Sekali panen, ratusan juta hingga Rp 1 miliar bisa...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Rumah Ditandai, Ratusan Penerima PKH Mendadak Mengaku Mampu

Langkah yang dilakukan Dinas Sosial Kota Mataram cukup ampuh untuk memverifikasi data penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Setelah melakukan labelisasi di rumah warga penerima PKH, ratusan warga mendadak menyatakan diri sebagai keluarga mampu alias memutuskan keluar dari program PKH.

Akta Kelahiran Anak Kini Bisa Dibuat tanpa Buku Nikah

Akta kelahiran anak kini bisa dibuat tanpa melampirkan buku nikah atau akta nikah orang tua. “Sekarang ada namanya SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) pernikahan sebagai syarat buat akta kelahiran,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Chairul Anwar.
Enable Notifications    OK No thanks