alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Jika Nganggur Setahun, Alumni Unram Diberi Pelatihan Kemampuan

GIRI MENANG-Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mataram (IKA Unram) siap mendukung program daerah dan kampus. Salah satunya menyiapkan program bagi yang menganggur setahun setelah menjadi alumni, diberikan pelatihan kemampuan.

”Ini untuk memberi ruang alumni berkiprah menjadi wirausaha baru,” kata

Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unram Hj Baiq Isvie Rupaeda menegaskan, akan disiapkan dana abadi milik IKA Unram. Dana disimpan di Bank NTB Syariah, sehingga juga membantu daerah. Dana abadi ini tidak akan diganggu oleh biaya operasional sekretariat dan terkumpul dari iuran alumni nantinya.

”Ini murni untuk pengembangan alumni dan almamater,” tambahnya.

IKA memiliki peran memberikan jalan alumni untuk masuk ke dunia kerja atau lembaga profesional. Pihaknya juga berkomitmen membangun dan mengawal alumni Unram yang memiliki kemampuan dan kompetensi bisa masuk pentas nasional.

”Perlu ini juga bantuan dari Pemerintah Provinsi NTB,” tambahnya.

Kini inovasi dalam pendidikan perguruan tinggi menjadi sesuatu yang amat penting. Apalagi Unram yang akan menargetkan menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional 2025. Tentunya peran dan keberadaan alumni sangat strategis untuk membantu peningkatan kualitas.

Baca Juga :  Terus Berbenah, Unram Tambah Empat Profesor

”Peran IKA tidak hanya penting dalam mewujudkan visi misi lembaga pendidikan. IKA bisa untuk meningkatkan reputasi lembaga pendidikan di mata masyarakat,” tambahnya.

Rektor Unram Prof H Lalu Husni menyarankan rencana pengadaan dana abadi tidak bertentangan dengan aturan. Penarikan iuran secara ikhlas bisa dari sebagian alumni Unram yang telah sukses saat ini.

”Alumni Unram dengan jumlah 75 ribu bukan jumlah yang kecil dan tersebar di segala lini baik pemerintahan maupun swasta,” terangnya.

Ia berharap Rakernas Unram yang kali itu diadakan dapat melahirkan program kerja yang membangun. Alumni memiliki peran strategis membangun Unram. Almamater sangat membutuhkan alumni untuk menjalin kerja sama dalam menyukseskan MBKM. Baik itu kegiatan magang maupun praktik kerja lapangan, kegiatann kewirausahaan, kegiatan mengajar di sekolah, atau mendukung program pemerintahan.

Baca Juga :  PGRI Minta Kaji Ulang Moratorium Penerimaan PNS Guru

”Ini bisa dikerjasamakan dengan universitas yang bisa di-backup kehadiran mahasiswa KKN Tematik untuk menyelesaikan program tersebut,” tuturnya.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan IKA Unram harus memberikan ruang kepada alumni untuk sama-sama berkontribusi. Jadi bisa bersama-sama memajukan kampus andalan NTB ini.

”Saya kira IKA harus jeli untuk memberikan kesempatan orang-orang yang dulunya tidak terlihat,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi Unram yang tidak kalah unggul dengan kampus lain. Bahkan, Unram kini telah berproses mengerjakan vaksin Covid-19. Dia berharap Unram dapat menghasilkan terobosan menarik dan bermanfaat untuk masyarakat.

”Alat rapid antigen bisa dibuat. Vaksin juga Insya Allah akan mampu diciptakan,” terangnya. (nur/r9/*)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/