alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

Puncak Dies Natalis Ke-60 Unram Diisi Orasi Ilmiah

MATARAM–Senat Unram menyelenggarakan rapat terbuka senat dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-60 Unram. Kegiatan diadakan di Ruang Sidang Senat Rektorat Unram, Senin (3/10).

Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo menyebut berbagai capaian Unram pada kesempatan itu. Ini berkaitan upaya mencapai visinya, menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional 2025. ”Untuk mencapai tujuan tersebut Unram telah melaksanakan proses pendidikan tinggi berstandar mutu nasional,” ujarnya.

Kemudian harus berbasis riset yang kuat. Termasuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan membangun jaringan kerja sama nasional dan internasional. ”Kemudian secara aktif melaksanakan tata kelola aset keuangan dan administrasi yang baik,” tegas dia.

Guru besar Fakultas Pertanian Unram itu juga menjelaskan, peringatan Dies Natalis ke-60 Unram merupakan check point, untuk mengevaluasi diri. Dilakukan dengan melihat kekurangan yang butuh pembenahan dan kelebihan yang harus terus ditingkatkan. ”Marilah kita sama-sama meluruskan niat, kuatkan hati, dan berpegangan lebih erat untuk menjaga keutuhan dan kesatuan Unram,” pungkasnya.

Baca Juga :  Sekda NTB: Guru Harus Responsif dan Adaptif

Rapat terbuka senat Unram bertemakan ”Unram Berseri dan Berinovasi dalam Mewujudkan Kampus Merdeka Belajar”.

Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi kontribusi Unram dalam pembangunan NTB dan Indonesia. ”Kita tidak bisa menafikkan prestasi-prestasi yang dicapai oleh Unram,” tegasnya.

Dalam acara itu, wanita yang akrab disapa Ummi Rohmi juga menyinggung soal tiga indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Saat ini NTB sudah menunjukkan percepatan yang berkaitan dengan angka rata-rata lama sekolah. Perguruan tinggi seperti Unram dan kampus lain juga berperan. ”Mereka telah memberikan kontribusi besar,” tegasnya.

Dia turut mengapresiasi prestasi Fakultas Kedokteran Unram, yang saat ini terakreditasi A. ”Kita tentunya harus bangga dengan pencapaian-pencapaian yang ada. Bangga bukan berarti untuk kita jemawa,” kata politisi Nasdem ini.

Baca Juga :  Tahun 2023, Dikbudpora KLU Diguyur DAK Rp 37,8 Miliar

Acara inti dari rapat terbuka senat Unram diisi dengan penyampaian orasi-orasi ilmiah. Dilakukan oleh Prof Ari Purbayanto, direktur Dewan Eksekutif BAN-PT. Berikutnya Dharma Syahputra, direktur SDM PT Kimia Farma Tbk, dan Prof L Wirasapta Karyadi, guru besar tetap Fakultas Pertanian Unram.

Acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada para dosen berprestasi. Serta dosen yang telah menyelesaikan Pendidikan Program Spesialis dan Doktor.

Pada akhir acara dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unram dengan PT Kimia Farma Tbk. Juga penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari jurusan Akutansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Teknik dengan PT Kimia Farma Tbk. (yun/r9/*)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/