alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Rektor Unram Minta Fakultas Teknik Buka Prodi S3

MATARAM–Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Lalu Husni mendorong Fakultas Teknik (FT) Unram membuka Program Studi (Prodi) S3.

”Saya menugaskan kepada dekan Fakultas Teknik untuk segera mengusulkan pendirian Prodi S3, agar semakin cepat capaian publikasi ilmiah jurnal internasional bereputasi,” kata Husni.

Hal ini disampaikan dalam pidatonya pada Rapat Terbuka Senat dalam Rangka Pengukuhan Guru Besar Tetap Unram. Bertempat di ruang sidang senat gedung rektorat Unram dan secara virtual melalui kanal Youtube Universitas Mataram, Kamis (8/4/2021). Pernyataan Rektor Unram ke-9 ini tentu bukan tanpa dasar. Pasalnya, seluruh guru besar yang dikukuhkan kali ini merupakan guru besar di FT Unram.

Guru besar yang dikukuhkan antara lain Prof Sugiman, Prof Mirmanto, dan Prof Nasmi Herlina Sari semuanya bidang teknik mesin. Selanjutnya ada Prof Buan Anshari sebagai guru besar dalam bidang teknik sipil. Selain empat orang guru besar ini, FT Unram, juga memiliki dua orang guru besar lain yakni Prof Didi S Agustawijaya sebagai guru besar dalam bidang teknik sipil dan Prof I Gede Pasek Sutawijaya sebagai guru besar dalam bidang teknik informatika. Sehingga total guru besar yang dimiliki oleh kampus ungu sudah enam orang. ”Dua orang sedang dalam proses,” bebernya.

Tentu ini merupakan hal yang membanggakan. Mengingat tingginya kebutuhan akan teknokrat saat ini. Lebih-lebih NTB sedang menggalakkan program industrialisasi, yang sudah pasti membutuhkan SDM bidang teknik. Diharap, penambahan jumlah guru besar ini berimplikasi terhadap peningkatan kinerja institusi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Julmansyah hadir membacakan sambutan gubernur. Dia menyampaikan apresiasi kepada guru besar yang dikukuhkan. Peran perguruan tinggi sangat penting ditengah program pemerintah daerah untuk memajukan daerah. Dalam hal ini Unram, untuk upayanya meningkatkan kualitas SDM melalui mutu yang dimiliki.

Unram telah memberikan warna tersendiri bagi perkembangan sektor pendidikan nasional maupun daerah,” jelasnya.

Gubernur dikatakan memberi apresiasi atas kiprah Unram kepada daerah selama ini. Ia berharap momentum pengukuhan guru besar kali ini dapat memicu dan memacu komitmen seluruh civitas.

”Dan saya berharap partisipasi maupun sumbangsih yang diberikan Unram, dapat terus ditingkatkan dan terus mendukung pembangunan di daerah,” pungkasnya. (nur/r9/*) 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks