alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Mahasiswa Hukum Unram Juara Lomba Pidato Konstitusi di Bali

MATARAM-Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram Fathul Hamdani  sekaligus keluar sebagai Juara Umum Lomba Pidato  Konstitusi, di Bali (2/11).

Fathul Hamdani berhasil mempertahankan Piala Bergilir yang diraih oleh Novia Salfat Anggraini pada Lomba Debat Konstitusi yang sama tahun lalu. ”Alhamdulillah pembekalan sebelum kegiatan memberikan hasil yang terbaik. Semoga ini bisa terus dioptimalkan,” terangnya.

Ketua Forum Mahasiswa Pengkaji Konstitusi Fakultas Hukum Unram ini menjelaskan pada tahap awal, dia mempresentasikan pidatonya selama 15 menit. Kemudian menjawab pertanyaan audiens dan dewan juri yang terdiri dari tiga pakar hukum termasuk dari Mahkamah Konstitusi. Pada babak semifinal debat diformat dalam bentuk pendapat atau pandangan Fraksi MPR dalam Amandemen UUD presentasi 15 menit. Selanjutnya menjawab pertanyaan audiens dan dewan juri. ”Debat pada babak final diformat dalam bentuk pengujian undang- undang,” tuturnya.

Baca Juga :  Dari 12.114 Pendaftar, 3.401 Calon Maba Tembus SBMPTN Unram

Ia menejelaskan dalam pengujian ini, dirinya bertindak sebagai Ahli Pemohon. Sedangkan dari Universitas Cendana Kupang sebagai lawan tanding bertindak sebagai termohon/Pemerintah dengan mosi debat Pemilu Serentak.

Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unram H Sofwan mendampingi saat perlombaan di Bali. Dijelaskan, selain mempertahankan piala bergilir, Hamdani juga memperoleh piala tetap, sertifikat, dan dana pembinaan. ”Kalau Fakultas Hukum Unram bisa meraih lagi piala bergilir tahun depan, maka piala bergilir menjadi milik Fakultas Hukum Unram,” tandasnya. (nur/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/