alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Walau Unram Sudah Vaksinasi, tapi Mahasiswa Masih Daring

MATARAM-Humas RS Unram Wahyu Sulistya Affarah menerangkan civitas akademika Universitas Mataram (Unram) telah menjalani program vaksinasi. ”Karena sudah termasuk kriteria pelayanan publik,” tegas sang dokter, (8/4).

Meski sebagian civitas akademika Unram telah menerima vaksin, tetapi kampus tetap melaksanakan pembelajaran dengan pola daring. Sampai saat ini, Unram masih belum mewacanakan kuliah tatap muka.

”Karena kita melihat situasi daerah, kalau di Mataram sendiri kasusnya masih belum terkendali,” terang wanita yang akrab disapa Farah ini.

Program vaksinasi Unram telah berlangsung sejak awal Maret. Sasaran penerima vaksin dari civitas akademik Unram 2.588 orang. Rinciannya, 1.102 dosen PNS, 431 dari tenaga kependidikan PNS, dan 1.055 tenaga kependidikan non PNS.

”Kalau mahasiswa kita belum karena belum menjadi skala prioritas untuk itu,” kata dia.

Dari jumlah tersebut, 1.000 lebih civitas sudah divaksin. Rinciannya, 800 lebih baru menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan 200-an telah disuntik vaksin tahap kedua.

”Dilakukan secara bertahap menunggu distribusi vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Mataram,” jelasnya.

Sejauh ini, vaksinasi civitas akademika Unram berjalan cukup lancar. Sesuai arahan Kemenkes, vaksinasi tahap kedua akan menyesuaikan dengan tanggal vaksinasi tahap pertama. ”Kalau sebelumnya itu 14 hari, sekarang harus menunggu selama 28 hari baru menerima vaksin kedua,” ujarnya.

Diterangkan lebih lanjut, banyak risiko yang terjadi bila kuliah tatap muka diberlakukan. Sehingga anggota Tim Satgas Penanganan Covid-19 Unram masih merekomendasikan perkuliahan daring. ”Kecuali untuk sebagian kecil, hal-hal yang memang harus luring seperti praktikum, yang tak bisa digantikan dengan daring,” pungkasnya.            Sebelumnya, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unram Hamsu Kadriyan mengingatkan, tidak boleh tergesa-gesa membuka kampus, maupun sekolah.

”Prinsipnya harus melihat tren dari kasus Covid-19 dalam beberapa bulan yang lalu sampai beberapa bulan kedepan, sebelum kita memutuskan,” tegasnya. (yun/r9)

 

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks