alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Poltekpar Lombok Gelar Dies Natalis ke-6

Herry: Lulusan Poltekpar Siap Kerja dan Siap Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

POLITEKNIK Pariwisata (Poltekpar) Lombok menggelar Dies Natalis ke-6. Kampus yang berdiri di Lombok Tengah itu memastikan diri terus melangkah lebih maju. Baik dari sisi sarana dan prasarana, kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan hingga mahasiswa.

“Khusus lulusan Poltekpar, kami pastikan siap kerja dan siap menciptakan lapangan pekerjaan baru,” kata Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja, usai Rapat Senat Terbuka Dies Natalis Poltekpar Lombok ke-6, Selasa (10/5/2022).

Untuk itu, warga NTB dan khususnya Loteng dipersilakan bergabung bersama Poltekpar Lombok. Di Poltekpar Lombok saat ini, kata Herry, terdapat empat program studi. Yakni, D4 Pengaturan Perjalanan, D3 Divisi Kamar, D3 Tata Hidang dan D3 Seni Kuliner.

“Tahun ini, ada tiga program studi baru yang kita buka. Satu diantaranya S2,” ujar Herry. Yakni, S2 Kepariwisataan. Sedangkan dua program studi yang dimaksud yakni, D4 Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan D4 Spesial Event.

Dokumen-dokumen persyaratan sudah dilayangkan ke pemerintah pusat. Tinggal menunggu persiapan pembukaan saja. Bagi Herry, apa yang dilakukannya tersebut semata-mata sebagai wujud Poltekpar Lombok mendukung dan mensukseskan kemajuan pariwisata NTB. Fisik maupun non fisik.

“Dari sisi SDM dan kapasitas dosen terus kita tingkatkan. Kemudian memperbanyak sertifikasi dosen,” paparnya.

Baca Juga :  Peran Dosen di Kancah Internasional
3. Pemotongan tumpeng menyambut Dies Natalis Poltekpar Lombok ke-6.

Dengan begitu, kualitas mahasiswa Poltekpar Lombok tidak perlu diragukan lagi. Tidak saja skala daerah atau nasional. Melainkan, internasional.

Dies Natalis Poltekpar Lombok ke-6 itu sendiri diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno dan Wamenparekraf RI Angela Herliani Tanoesoedibjo via zoom.

Kemudian turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenparekraf RI Faisal, Sekda NTB HL Gita Aryadi, para kepala dinas lingkup Pemerintah Provinsi NTB, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi, perwakilan pelaku pariwisata dan perwakilan mahasiswa.

“Keberadaan Poltekpar Lombok menjadi yang terdepan membantu pemerintah membangun pariwisata. Khususnya, menyangkut ketersediaan SDM yang berkualitas dan mumpuni,” sanjung Sekda NTB HL Gita Aryadi dalam sambutannya.

Lulusan-lulusan Poltekpar Lombok telah mengisi pembangunan pariwisata. Bahkan, ada pula yang ikut membangun pariwisata lewat pembukaan lapangan pekerjaan baru.

Pemerintah Provinsi NTB, kata Gita, merasa bersyukur dan berterima kasih. Tanpa Poltekpar Lombok, pariwisata daerah tidak ada apa-apanya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19. “Yang pasti selama 10 tahun kedepan kita memiliki event dunia MotoGP,” papar Gita.

Belum lagi, event-event dunia lainnya. Itu dipusatkan di sirkuit Mandalika Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Ditambah lagi, sirkuit di Samota Sumbawa dan sirkuit di Lantan Loteng. “Tahun depan, kita juga memastikan siap menjadi tuan rumah PON,” kata mantan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB tersebut.

Baca Juga :  TK Tunas Bangsa Bersih-Bersih Taman Loang Baloq

Kalau sudah seperti itu, maka cepat atau lambat kunjungan wisatawan domestik maupun internasional terus berdatangan. Pariwisata Lombok dan Sumbawa segera bangkit dan pulih. Itu setelah, diterpa pandemi Covid-19.

Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, NTB, Lombok atau Loteng khususnya semakin dikenal dunia. Itu setelah adanya MotoGP dan World Superbike (WSBK). Untuk itu, warga NTB patut bangga.

“Dalam kesempatan ini, saya minta agar SDM yang bergerak dibidang pariwisata diperbanyak,” pesan Sandiaga. Caranya, enam perguruan tinggi negeri (PTN) dibawah Kemenparekraf RI harus menambah kuota penerimaan mahasiswa empat kali lipat.

Yakni, Poltekpar Bandung dengan 10 program studi. Kemudian Poltekpar Bali dengan delapan program studi, Poltekpar Makassar dengan delapan program studi dan Poltekpar Medan dengan delapan program studi. Berikut Poltekpar Palembang dengan empat program studi dan Poltekpar dengan Lombok empat program studi.

Seleksi calon mahasiswa dibagi dua yakni, jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pariwisata (SBMPTNP) dan jalur mandiri. Untuk jalus SBMPTNP dapat mendaftarkan diri melalui website sbmptnp.kemenparekraf.go.id. Itu sejak mulai 1 Maret lalu-27 Mei mendatang.(dss/adv)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/