alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Gaji Sering Telat Dibayar, Guru Honorer Ngadu ke DPRD NTB

MATARAM-Sejumlah pengurus Persatuan Guru Tidak Tetap (GTT) NTB, mendatangi kantor DPRD NTB, Senin (9/11/2020). ”Mereka membawa sejumlah tuntutan,” kata Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi.

Tuntutan pertama, terkait jadwal pembayaran gaji honorer, yang selalu tidak tepat waktu. ”Harapan mereka, rutinitas terhadap honor bisa berjalan,” jelasnya.

Selama ini, GTT merasa kesulitan lantaran menerima honor per tiga bulan. ”Maunya mereka tuh konstan (tidak berubah, Red),” terang politisi Gerindra ini.

Kepada koran ini Mori mengatakan sependapat dengan itu. ”Kalau penghasilan dengan jumlahnya yang seperti itu, dibayar per tiga bulan, ya repot juga,” ujar dia.

Malah GTT berharap, gaji bisa dibayar sebulan sekali. ”Atau dua bulan sekali, setidaknya dengan seperti ini, mereka bisa mengatur kebutuhan rumah tangga,” tegasnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Unram Terima Beasiswa BRI

Kedua, setiap akhir tahun, honor GTT sering tidak dibayar. Malah dibayar tahun depan. ”Ini kan kita juga kasian,” jelasnya.

Terhadap upah yang dibayar Pemprov BTB kepada GTT sebesar Rp 40 ribu per jam, tidak dikeluhkan. ”Karena itu dihitung sesuai Jumlah Jam Mengajar (JJM), tidak ada keluhan sama sekali,” terangnya.

Untuk menjawab semua persoalan itu, dewan segera meminta klarifikasi Dinas Dikbud NTB. ”Kami mau tanya kenapa ini bisa terjadi,” terang pria berdarah Mbojo itu.

Jika alasannya karena pandemi, dia justru mengatakan itu tak bisa dibenarkan. ”Malah itu bukan menjadi alasan ya, karena guru ini tetap mengajar lewat daring,” tegas dia.

Hal ini sepatutnya menjadi perhatian bersama. ”Sebab ini erat kaitannya, dengan peningkatan kesejahteraan para guru,” ujarnya.

Baca Juga :  Di Mataram, Pamor Sekolah Agama Mulai Saingi Sekolah Negeri

Diingatkan, mereka berperan besar sebagai pendidik generasi penerus bangsa. ”Jangan kira honorer ini tidak bekerja, tetap kerja dengan segala keterbatasan yang ada,” pungkasnya.  (yun/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/