alexametrics
Selasa, 24 November 2020
Selasa, 24 November 2020

Mulai Buka Sekolah, Loteng Antisipasi Potensi Klaster Pendidikan

PRAYA-Sejak Senin (9/11/2020), sekolah di Lombok Tengah (Loteng), memulai simulasi pembelajaran tatap muka langsung.

”Sekolah memberlakukan penjadwalan bergilir, bagi kelas-kelas yang boleh masuk,” jelas Sekretaris Disdik Loteng H Lalu Muliawan, Selasa (10/11/2020).

Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung, hingga 21 November. ”Jika semuanya berjalan dengan baik dan tidak membawa dampak buruk, maka kebijakan ini akan diperluas,” terang dia.

Namun, jika situasi justru menjadi semakin memburuk, pihaknya mengembalikan aktivitas belajar dari rumah (BDR).

”Keselamatan dan kesehatan warga sekolah tetap menjadi yang utama,” kata dia.

Status zona kuning penyebaran Covid-19 di Loteng telah membawa perubahan kebijakan. ”Belajar di sekolah adalah hal yang paling ditunggu banyak orang,” terangnya.

Pihaknya juga banyak mendengar dan menerima laporan dari sekolah. ”Para orang tua peserta didik yang meminta sekolah segera dibuka,” tegas Muliawan.

Bahkan beberapa dari mereka, ada yang langsung mendatangi pihaknya. ”Mereka meminta segera buka, namun kembali lagi, semua kebijakan yang kami putuskan, tentu mengacu pada Tim Satgas Covid-19 daerah,” jelasnya.

Kendati berada dalam daerah risiko penyebaran rendah, Disdik Loteng terus menjalin koordinasi pihak-pihak terkait. ”Ini sangat penting, karena kami juga berkepentingan mengetahui setiap update data dan status warna zona,” kata Muliawan.

Selama melaksanakan simulasi, sekolah wajib melaporkan perkembangannya. ”Laporkan apa yang sebenarnya terjadi selama belajar,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 2 Batunyala, Praya Ni Ketut Mayoni mengatakan, muridnya sangat bahagia saat kembali belajar di sekolah.

”Bahkan ada anak yang sudah datang lengkap dengan baju seragamnya, padahal jadwal mereka baru besok paginya,” jelas dia.

Protokol  kesehatan menjadi prioritas utama. Guru telah bersiap di sekolah sejak jam 06.30 Wita. ”Mereka sudah memegang thermo gun dan hand sanitizer, untuk digunakan,” terangnya.

Di kelas, tempat duduk diatur dengan jarak 1,5 meter. Jam belajar mengajar lebih singkat. ”Pembelajaran hanya berlangsung hingga jam 09.30 Wita, dan tidak ada jam istirahat sebagaimana biasa,” kata Ketut.

Namun ada jeda 15 menit, dengan ketentuan anak-anak tetap tinggal di dalam kelas. Mereka bisa menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

”Karena kantin belum boleh buka,” jelasnya.

Kepulangan murid diatur sekolah. Bagi yang rumahnya jauh tetap tinggal di kelas sampai penjemputnya datang.

”Mereka yang tinggal dekat dengan sekolah kami izinkan langsung pulang dan mereka tidak boleh bergerombol saat berjalan ke rumahnya,” tandasnya. (yun/r9)

 

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Dewan Mataram Minta Pembagian Bantuan JPS Usai Pilkada

-Sejumlah anggota dewan meradang. Bukan karena tak setuju dengan bantuan JPS tahap enam. Tapi, mereka khawatir JPS ini ditunggangi kepentingan politik jelang Pilkada Kota Mataram 9 Desember mendatang.

Vividerm Sunblock Buatan Lombok yang Berhasil Go International

Sunblock atau pelindung kulit yang diproduksi Iwin Insani diklaim ramah lingkungan. Tidak memakai bahan kimia dan tidak merusak terumbu karang.

HARUM Tata Pesisir Mataram, Dorong Potensi Kelautan dan Pariwisata

Potensi besar dalam sektor kelautan di Mataram berbanding lurus dengan tantangan yang dihadapi. Keberadaan nelayan dari muara Meninting di Utara hingga  pesisir Mapak di selatan menyisakan sejumlah  persoalan yang membutuhkan solusi komprehensip. Terutama menyangkut kesejahteraan nelayan dan penataan kawasan.

Kasus Dana Desa Sesait, Jaksa Temukan Indikasi Kerugian Lain

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram menemukan indikasi kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi penggunaan dana desa Sesait, Kabupaten Lombok Utara (KLU). ”Kita ada temukan indikasi kerugian negara selain dari hasil temuan Inspektorat (KLU),” kata Kajari Mataram Yusuf, kemarin (22/11).

Kapolda NTB Kembali Ingatkan Paslon Kada Patuhi Prokes

Setiap pasangan calon (paslon) kepala daerah (kada) ditekankan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di masa kampanye. Tetapi, masih ada beberapa paslon yang abai. ”Saya peringatkan semua paslon untuk patuh terhadap protokol,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, kemarin (22/11).

Digitalisasi, Cara UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Untuk bertahan di tengah pandemi ini, UMKM harus mau masuk ke dunia digital. Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi. Padahal saat ini banyak aplikasi digital yang memudahkan para pelaku UMKM untuk bertransaksi.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Korona Meningkat, Libur Panjang Akhir Tahun Ini Bisa Dibatalkan

Pemerintah mempertimbangkan untuk memperpendek atau meniadakan sama sekali libur panjang pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020 ini jika penerapan protokol kesehatan pada liburan Maulid Nabi akhir Oktober lalu dianggap tidak efektif.
00:06:43

VIDEO : Polisi Bongkar Pabrik Sabu di Pringgasela Lotim

Peredaran gelap narkoba di Provinsi NTB benar-benar mengkhawatirkan. Pera pelakunya menggunakan beribu macam cara. Bahkan sudah ada yang memproduksi barang haram itu di daerah ini. Polisi sudah berhasil membongkarnya.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Akhirnya Subsidi Gaji untuk Guru Honorer Cair

Bantuan subsidi upah (BSU) untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non-PNS di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai dicairkan. Untuk mempermudah pencairan, PTK penerima sudah dibuatkan rekening baru. Tinggal melengkapi persyaratannya.
Enable Notifications    OK No thanks