alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

SMAN 1 Mataram Gelar Webinar Sekolah Sehat

MATARAM-SMAN 1 Mataram mendorong perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menggelar webinar Sekolah Sehat: NTB Kuat dan Bermartabat, Sabtu (10/4).

Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan mengapresiasi kegiatan. Hal tersebut dikatakan terkait dengan program Dikbud NTB, yaitu The Power of 4P. ”Ada profil, penampilan, pelayanan, dan P terakhir adalah prestasi,” tegasnya.

Menurut dia, sekolah bersih dan sehat adalah sebuah keniscayaan. ”Sehingga dapat memberi ruang gerak seluas-luasnya untuk berkreasi dan berprestasi,” terangnya.

Kegiatan merangkul kepala SMA seluruh NTB yang tergabung dalam Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA NTB.

Ketua TP PKK NTB sekaligus sebagai pemateri pertama, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, memaparkan program organisasinya yang mendorong NTB sehat. ”Untuk merealisasikan semua hal ini, maka keluargalah yang menjadi sentra dalam setiap kegiatannya,” jelas dia.

Berbagai program telah dibagi dalam beberapa bidang. Untuk program kesehatan menjadi tanggung jawab Bidang IV. Sasarannya, selain para ibu, juga para remaja.

”Oleh karena itu, sekolah menjadi target yang tepat untuk memberikan wawasan kepada para remaja, sehingga remaja-remaja di NTB tumbuh menjadi remaja sehat,” terang bunda PAUD NTB ini.

Kepala Dinas Kesehatan NTB H Lalu Hamzi Fikri menjelaskan, keterkaitan antara kesehatan jasmani, rohani, dan sosial. Itu sebagai suatu kesatuan yang mempengaruhi produktivitas seorang individu. ”Lebih spesifik, bagaimana UKS (Unit Kesehatan Siswa, Red) berperan sebagai wadah kolaborasi antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Kepala SMAN 1 Mataram Kun Andrasto mengatakan, mewujudkan Program NTB Sehat juga bisa dengan membentuk sekolah sehat melalui PHBS. Inspirasi awal dari program ini berasal dari negara tetangga Singapura. ”Saya menyadari, sekolah bersih dan sehat bisa diwujudkan dengan membangun fasilitas-fasilitas kebersihan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Tak kalah penting, menerapkan kebijakan yang mendukung terciptanya budaya bersih dan sehat pada warga sekolah. Harapannya, webinar ini dapat memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah untuk membentuk kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat.

”Kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dari warga sekolah dapat ditularkan kepada anggota keluarganya di rumah. Sehingga seluruh masyarakat NTB juga terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat, yang dapat mewujudkan NTB Sehat,” tandasnya. (yun/r9/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks