alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Kenang Jasanya, Ummat Pakai Nama HL Mujitahid

MATARAM-Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) terus meningkatkan fasilitasnya. Kali ini, kampus meresmikan penggunaan gedung Perpustakaan HL Mudjitahid pada Senin (12/4).

Rektor Ummat  H Arsyad Abdul Gani menjelaskan, sosok HL Mudjitahid begitu akrab di kalangan civitas akademika Ummat. ”Beliau merupakan ketua Badan Pembina Harian (BPH) Ummat yang pertama dan menjabat untuk waktu yang lama,” terangnya.

Untuk mengenang jasanya, para pimpinan kampus sepakat, menggunakan nama almarhum. Dirinya juga merupakan tokoh Muhammadiyah yang sangat melek akan literasi. ”Maka dari itu, setelah ini UPT Perpustakaan Ummat akan menerbitkan sejarah tentang Ummat agar semua tahu,” jelasnya.

Kepala UPT Perpustakaan Ummat Iskandar menjelaskan, gedung yang baru, memiliki berbagai fasilitas. ”Saat ini, perpustakaan telah mengembangkan perpustakaan digital yang tidak hanya berisi buku-buku namun juga karya ilmiah mahasiswa dan dosen,” tegas dia.

Inovasi teknologi sangat dibutuhkan, itulah yang coba dijalankan pihaknya. Bagi yang berhalangan hadir ke perpustakaan, dapat mengakses lewat rumah masing-masing. Bahkan perpustakaan digital Ummat sudah dapat diunduh di HP. ”Kita adalah universitas satu-satunya di NTB yang sudah tersambung ke Rama Dikti,” ujarnya.

Ia berharap, dengan hadirnya gedung perpustakaan yang baru mahasiswa akan lebih semangat menghidupkan perpustakaan. Karena perpustakaan merupakan jantung sebuah universitas. Selain mahasiswa, UPT Perpustakaan juga berupaya untuk menarik minat para dosen agar ikut meramaikan perpustakaan.

”Kami buatkan ruangan khusus bagi para dosen yang ingin menulis karena kami paham pentingnya fokus untuk menciptakan karya-karya ilmiah,” pungkasnya.

Selain peresmian perpustakaan, acara juga dirangkaikan dengan  pelantikan dekan Fisipol, ketua Lembaga Pengkajian, Pengamalan dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3IK) dan mudir Ma’had Khalid bin Walid Ummat.

H Muhammad Ali dilantik sebagai dekan Fisipol, Abdul Wahab sebagai ketua LP3IK dan Najamuddin sebagai mudir Ma’had Khalid bin Walid.

Rektor berpesan, agar semangat, dan terus memunculkan inovasi.

”Ini merupakan tantangan yang harus dijalani, harus ikhlas dan kerja keras. Terlebih lagi untuk Fisipol, saya yakin nanti bisa mendapatkan akreditasi yang lebih tinggi karena sekarang kualitas universitas dilihat dari akreditasinya,” jelasnya. (yun/r9/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks