alexametrics
Kamis, 18 Agustus 2022
Kamis, 18 Agustus 2022

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran NTB, Enuma Perkuat Literasi Digital Guru

MATARAM-Enuma Indonesia, penyedia akses bahan literasi ramah anak melalui aplikasi, bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) NTB, menyelenggarakan pelatihan terbatas dari 7–9 Juni.
“Literasi dan numerasi, khususnya pada jenjang TK hingga SD kelas tiga, penting untuk menjadi perhatian kita semua, terutama para guru,” terang Suka selaku Kepala BGP NTB, kemarin (9/6).
Lokakarya bertajuk Literasi Seru – Petualangan Digital Pemula untuk Semua Anak Indonesia. Sebanyak 300 guru TK, PAUD, dan SD ikut ambil bagian di dalamnya.
Kegiatan ini dilaksanakan, bertujuan meningkatkan mutu literasi dan materi pendukung kebutuhan belajar anak, baik di sekolah maupun di rumah, melalui aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia.
Menurut Suka, pelatihan peningkatan kompetensi dirasa sangat penting bagi guru. Berkaca dari data Neraca Pendidikan Daerah (NPD) memang menunjukkan, Angka Partisipasi Murni (APM) jenjang Sekolah Dasar (SD) NTB mencapai 93.80 persen. Bahkan, Kota Mataram mencatat partisipasi sebesar 95,47 persen.
Meski demikian, Rapor Pendidikan dari Asesmen Nasional (AN) menyebutkan, kurang dari 50 persen siswa diMataram yang berhasil mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi membaca.
Karenanya, peningkatan dalam kemampuan ini dapat mengajarkan anak-anak untuk lebih berempati dan lebih mengenal lingkungan sekitar. “Kolaborasi BGP bersama Enuma Indonesia ini diharapkan dapat terus terjalin untuk membuka akses bahan belajar literasi seluas-luasnya,” tandas dia.
Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Disdik Mataram Sri Kamasiah mengatakan, guru merupakan komponen penting dan berada di garda terdepan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan anak.
“Sehingga saya rasa, kolaborasi bersama Enuma Indonesia merupakan langkah inovatif dan aksi nyata untuk mencapai perubahan,” ujarnya.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para guru dalam memanfaatkan transformasi digital di bidang pendidikan, salah satunya melalui aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia.
“Materi literasi digital adalah sebuah pilihan yang dapat digunakan guru di sekolah dan keluarga di rumah untuk menumbuhkan keterampilan literasi pada anak,” ujarnya.
Koordinator Proyek Enuma Indonesia Dasom Choi menjelaskan, Enuma membuka akses belajar literasi melalui sebuah aplikasi yang menyenangkan bagi anak-anak, terutama usia dini. Di sinilah aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia dapat berperan.
“Dengan memanfaatkan ini, anak mampu belajar secara mandiri dan minim pengawasan. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan secara luring setelah selesai diunduh,” ujarnya.
Aplikasi ini tersedia secara gratis dan diperuntukkan untuk anak pembelajar pemula, memiliki materi-materi berkualitas yang disusun oleh para ahli pendidikan dan sejalan dengan kurikulum nasional.
Guru yang juga salah satu peserta lokarya Elly mengatakan, aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia sangat mudah digunakan, dan kaya akan bahan ajar inovatif yang mampu mendukung kebutuhan belajar peserta didik,
“Saya yakin, para guru perlu untuk terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi demi memberikan manfaat terbaik bagi para murid, khususnya dalam meningkatkan kualitas literasi di NTB,” ujarnya. (yun)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/