alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

FKIP Unram Dukung Ide Poros Maritim Dunia

MATARAM-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram menggelar Kuliah Umum Peluang, Tantangan, dan Kebutuhan SDM di Bidang Riset Oseanografi secara hybrid, Senin (15/11/2021).

Pematerinya Plt Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Kebumian BRIN Prof Ocky Karna Radjasa. ”Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan total luas 8,3 juta kilometer persegi, 17.504 pulau, dan 108 ribu kilometer panjang garis pantai,” kata Rektor Unram Prof H Lalu Husni.

Menurutnya, dengan kondisi geografis yang luas, juga menghadirkan banyak potensi sumber daya yang bisa digali dan perlu dijaga. Seperti Potensi perikanan tangkap, potensi bio teknologi/biofarmakologi, potensi pemanfaatan garam, potensi sumber daya mineral dan tambang. Ada juga potensi energi kelautan, potensi jasa pariwisata, potensi jasa transportasi dan lainnya.

Baca Juga :  Wapres Ajak Kampus di NTB Tangkal Radikalisme dan Terorisme

Poros Maritim Dunia juga dihajatkan membuat Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur. Ini melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengamanan kepentingan dan keamanan maritim. Jadi memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia.

”Selain potensi ekonomi yang besar, laut juga berpotensi menjadi sumber bencana yang sangat destruktif seperti tsunami,” ujarnya mengingatkan.

Karena itu, kehadiran sumber daya manusia (SDM) yang cukup sangat dibutuhkan dalam mengkaji sumber daya alam (SDA). Sehingga kuliah umum terkait oseanografi ini menjadi sangat relevan. Dikarenakan ilmu oseanografi adalah salah satu cabang ilmu kebumian yang berfokus untuk mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan laut. Meliputi sifat fisis, kimiawi, dan biologis dari laut, termasuk sejarah kuno lautan, kondisinya saat ini, hingga prediksinya pada masa depan.

Baca Juga :  SMAN 1 Kota Bima Siap Jadi Sekolah Penggerak

Dekan FKIP Unram Prof A Wahab Jufri mengucapkan terima kasih kepada Prof Oki dan tim yang telah menyempatkan hadir. Terima kasih juga atas kerja sama yang dibangun oleh PROBRIN dengan FKIP Unram sejak 1992.

”Kami berharap kegiatan sertifikasi kompetensi ini dapat menghasilkan lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi dibidangnya. Jadi dapat mendukung program-program MBKM yang ada di Universitas Mataram, khususnya di FKIP,” kata dia. (nur/r9/*)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/