alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Ummat Buka Dua Prodi Baru, Silakan Daftar

MATARAM-Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) kini memiliki dua program studi (prodi) baru. Yakni, Prodi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol). Kemudian Prodi S1 Sistem Teknologi Informasi dari Fakultas Teknik.

Dekan Fisipol Ummat H Muhammad Ali menegaskan, fokus kajian pada Prodi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi adalah perencanaan, pengadaan, pengolahan dan pendistribusian pada masyarakat. Pendistribusian informasi akan sangat menentukan minat baca masyarakat.

”Tanpa informasi yang cukup, sangat sulit membiasakan masyarakat membaca,” tegasnya, pada Lombok Post, (17/6).

Untuk tahun akademik 2021/2022, pihaknya akan menerima 30 mahasiswa. ”Kami memiliki praktisi-praktisi yang ikut andil pada program pemerintahan, dalam meningkatkan minat baca masyarakat,” jelas pria bergelar doktor ini.

Baca Juga :  WISUDA OFFLINE KE-53 UMMAT DISAMBUT GEMBIRA ORANG TUA WISUDAWAN

Prodi ini merupakan satu-satunya prodi bidang perpustakaan di NTB dan NTT. ”Semuanya mencakup manajemen, pelayanan, dan pengembangan digitalisasi informasi, melalui perpustakaan berbasis inklusi sosial,” terang sang dekan.

Dengannya, terbentuk pustakawan profesional, mampu menganalisis data informasi dan menjadi liberary marketing communicator. Juga sebagai pengelola aset digital, pengelola arsip dan peneliti.

”Mereka nantinya tidak hanya terserap oleh instansi pemerintah, namun juga sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA, dalam pengelolaan perpustakaan sekolah,” pungkasnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Teknik Ummat M Islamy Rusyda menjelaskan, Prodi Sistem Teknologi Informasi, dikembangkan sebagai bentuk antisipasi terhadap perkembangan sistem informasi. ”Ini sebagai respons kami dalam menghadapi era digitalisasi, karena kita tidak bisa menafikan, teknologi semakin berkembang,” terangnya.

Baca Juga :  Perketat Izin Pendirian Ponpes

Kehadirannya sebagai upaya Ummat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. ”Target kami untuk prodi baru ini bisa mendapatkan 30 mahasiswa dan harapannya, kami ingin memiliki kontribusi melalui prodi baru ini,” ujar dekan.

Menurutnya, prodi ini sangat dibutuhkan. Sebab, sistem dan teknologi informasi, menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan dewasa ini. Materi dan praktik yang dihadirkan dalam perkuliahan, juga memiliki kekhasan tersendiri. Mengedepankan, Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). ”Segala proses perkuliahan, khusus di Ummat ini kita didasari nilai-nilai Al-Islam, ini yang paling diunggulkan,” tandasnya. (yun/r9/*)

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/