alexametrics
Kamis, 18 Agustus 2022
Kamis, 18 Agustus 2022

FK Unram Kantongi Izin Operasional Pendidikan Dokter Spesialis Bedah

MATARAM-Tonggak sejarah baru tercipta untuk pendidikan kedokteran di Bumi Gora. Fakultas Kedokteran (FK) Unram secara resmi mendapatkan izin operasional pendidikan dokter spesialis bedah. ”Pencapaian ini benar-benar kita syukuri,” kata Dekan FK Unram dr Hamsu Kadriyan, kemarin (16/6).

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 424/E/O/2022. FK Unram resmi mendapatan izin operasional, untuk melaksanakan jenjang pendidikan spesialis 1 pada bidang bedah atau Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Bedah.

”Program studi ini merupakan program studi spesialis pertama yang ada di NTB,” tegasnya.

Lahirnya PPDS bedah di FK Unram, tidak terlepas dari kerja keras tim pengusul. Mereka terdiri dari unsur FK Unram, RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit pendidikan FK Unram, dan beberapa rumah sakit jejaring lainnya.

Seperti RSUD Praya, Lombok Tengah, dan Rumah Sakit Patut Patuh Patju, Gerung, Lombok Barat. Dukungan juga datang, dari pihak Pemprov NTB melalui gubernur dan wakil gubernur, serta Unram melalui rektor dan senat.

Baca Juga :  Dukung Program MKBM, Unram-Unas Kerja Sama

”Semuanya sangat berperan dalam membidangi program studi yang benar-benar dibutuhkan ini,” tegasnya.

Program studi ini masih terbilang jarang. Demikian juga, jumlah spesialis bedah di Indonesia, masih sangat kurang. Diharapkan dalam lima tahun kedepan, FK Unram bisa memberi kontribusi untuk memperkuat layanan kesehatan di daerah, melalui lulusan spesialis bedah yang dihasilkan.

Faktanya, di Indonesia bagian tengah dan timur, termasuk NTB, belum semua daerah atau rumah sakit daerah, memiliki spesialis bedah. Hal ini dapat berdampak pada sulitnya akses kepada layanan kesehatan tersebut.

Akhirnya, hal ini dapat menjadi faktor penghambat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Program studi ini, akan menjadi salah satu jalan untuk mengatasinya.

”Dengan ini kita sudah berihtiar menghadirkan tenaga kesehatan yang berkualitas di tengah-tengah masyarakat,” kata dokter spesialis THT ini.

Baca Juga :  Unram Ciptakan Rapid Test Antigen Entram

Dengan keberadaan program studi ini, juga menunjukkan bahwa daya saing Unram, khususnya fakultas kedokteran semakin baik. ”Diharapkan dengan keberadaan program studi ini dapat mendongkrak derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

FK Unram juga sedang menyiapkan beberapa program pendidikan spesialis lainnya. Seperti spesialis obstetri dan ginekologi (Obgin) atau spesialis kandungan. Kemudian ada spesialis neurologi atau spesialis syaraf, spesialis pulmonology dan kesehatan respirasi atau spesialis paru, dan spesialis kedokteran kelautan. Serta program magister ilmu kesehatan.

”Semoga segera terwujud dan mohon dukungannya,” tandas dekan.

Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah berharap, FK Unram terus menjawab kebutuhan SDM kesehatan NTB. ”Yang penting juga adalah komitmen untuk sungguh-sungguh menghadirkan fakultas kedokteran yang berkualitas,” ujarnya. (yun/r9)

 

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/