alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Unram Adakan Kelas Bahasa Inggris Gratis

Bantu Mahasiswa dan Dosen Kejar Beasiswa LPDP

MATARAMUniversitas Mataram (Unram) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar sosialisasi beasiswa LPDP, di Gedung Dome Unram, Kamis (12/5/2022).

Sosialisasi itu mengangkat tema Membangun SDM Universitas Mataram Melalui LPDP. Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo menegaskan, sosialisasi ini merupakan kesempatan emas bagi kampus. Terutama untuk mendapatkan informasi atau pemaparan terkait beasiswa LPDP.

”Ini kesempatan bagus bagi kita semua, apalagi dari sekian banyak kuota penerima beasiswa LPDP yang disediakan, masih belum tercapai sepenuhnya,” ujarnya.

Informasinya, lebih dari 3.000 kuota beasiswa LPDP kadang tidak tercapai. Hal itu akibat dari kurangnya informasi, yang diterima perguruan tinggi.

”Sehingga kita dari NTB atau dari Unram sedikit sekali kontribusinya,” jelas rektor.

Beasiswa LPDP sendiri merupakan beasiswa khusus untuk S2 dan S3. Tahun ini, akan ada beasiswa khusus untuk Kemendikbudristek mulai dari S1, S2, dan S3.

Menanggapi besarnya peluang beasiswa, Bambang menekankan Unram harus mempersiapkan diri. ”Kita tidak bisa tinggal diam kemudian tiba-tiba berharap ada sekian orang bisa berbahasa Inggris, ada sekian orang yang lulus beasiswa LPDP,” tegasnya.

Baca Juga :  Balon Rektor Dorong Terwujudnya Unram Berdaya Saing Internasional

Untuk mendaftar kuliah di luar negeri terdapat persyaratan yang memerlukan hasil tes bahasa Inggris TOEFL atau IELTS. Karenanya Unram mempersiapkan program kelas bahasa Inggris gratis.

”Salah satu program kita yang akan segera kita lakukan itu adalah membuat unit pelayanan bahasa Inggris di level fakultas,” terangnya.

Tidak sulit bagi kampus, untuk merealisasikan semua itu. Tinggal mempersiapkan fasilitas. Seperti ruangan, tutor, materi, penyusunan jadwal, tes mahasiswa hingga penyusunan grade, apakah itu basic, intermediate, advance, dan sebagainya.

”Lakukan kursusnya, for free,” tegas Bambang.

Rencananya, kampus akan memberlakukan program ini, mulai dari mahasiswa semester satu sampai mahasiswa semester akhir. ”Sehingga begitu mereka tamat, jadilah mereka pemburu-pemburu beasiswa yang mampu bersaing,” tambahnya.

Selain untuk mahasiswa, Unram juga akan membuat kebijakan bagi para dosen muda. ”Untuk dosen-dosen ini nanti kita akan khusus di UPT Pusat Bahasa, kita akan buat kebijakan ikut kursus mungkin sama nilainya dengan mengajar dua mata kuliah misalnya,” kata rektor.

Baca Juga :  Pra-Pendaftaran PPDB Dibuka, Waktunya Carikan Anak Sekolah Terbaik

Dengan upaya ini, diharap banyak masyarakat NTB secara khusus dari Unram yang mendaftar beasiswa LPDP. ”Orang pintar ada di mana-mana tidak hanya di wilayah barat atau Jawa saja, di wilayah timur pun banyak,” tegasnya.

Muhammad Iqbal, reviewer seleksi beasiswa LPDP mengatakan, terdapat tiga kunci untuk bisa lolos seleksi beasiswa LPDP. Yaitu resilience, adaptable, dan knowledge.

Dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin itu memberikan beberapa kiat mengahadapi tes wawancara. ”Seperti pendaftar beasiswa harus memiliki motivasi yang tepat dalam mengejar beasiswa, etika yang baik pada saat diwawancara, serta merencanakan kontribusi apa yang akan diberikan kedepannya setelah menyelesaikan studi,” jelasnya. (yun/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/